Tinjauan Psikologis: Persepsi Jama’ah Majelis Pengkajian Al-Qur’an (MPAQ) terhadap Kepemimpinan Nasional

Adin Suryadin, Diningrum Citraningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi para pengurus MPAQ (majelis pengkajian Alquran) yang sudah sering mempelajari Al-quran bagaimana kriteria pemimpin nasional yang diharapkan oleh para pengurus dan jamaah majelis pengkajian Al-Quran (MPAQ), Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk melakukan studi deskriptif terhadap persepsi para jamah majelis pengkajian Al-Quran (MPAQ). Instrument untuk penggalian data yaitu dengan menggunakan open endeed quastionaire, diharapkan dengan angket terbuka ini para jamaah MPAQ dapat leluasa menyatakan pendapatnya tentang kriteria kepemimpinan nasional. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 50%menjawab “Tegas, amanah, mampu meyakinkan rakyat, dan yang 45% menjawab “adil jujur dan berintegritas, ini menunjukkan persepsi dari jamaah MPAQ sudah menasionalis dan memahami  dengan keadaan negara Indonesia yang tidak hanya beragama Islam namun ada agama-agama yang selain Islam, sehingga bahasanya lebih global atau menyeluruh agar bisa diterima semua kalangan.


Keywords


Persepsi; Komunitas Islam; Kepemimpinan.

Full Text:

PDF

References


Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., & Taruli Pebrina, E. (2020). Analisis Kesiapan untuk Berubah di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 147–159. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Marbun, P. (2020). Pemimpin Transformatif dalam Pendidikan Kristen. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 1(2), 72–87. https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/magnumopus/article/view/47

Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/JK.V6I1.1697

Newstead, T., Dawkins, S., Macklin, R., & Martin, A. (2021). We don’t need more leaders – We need more good leaders. Advancing a virtues-based approach to leader(ship) development. The Leadership Quarterly, 32(5), 101312. https://doi.org/10.1016/J.LEAQUA.2019.101312

Olanrewaju, O. I., & Okorie, V. N. (2019). Exploring the Qualities of a Good Leader Using Principal Component Analysis. Journal of Engineering, Project, and Production Management, 9(2), 142–151. https://go.gale.com/ps/i.do?p=AONE&sw=w&issn=22216529&v=2.1&it=r&id=GALE%7CA671214292&sid=googleScholar&linkaccess=fulltext

Rahayu, P. P., & Agustina, M. T. (2022). Kepemimpinan Dilihat dari Perspektif Psikologi: Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3676–3685. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I9.902

Susanti, S. S. (2019). MORAL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERLANDASKAN AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 317–327. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/30

Zamzam, A. S. (2021). KARAKTER PEMIMPIN TERHADAP KINERJA GURU. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.31602/.V0I0.4701




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats