Tinjauan Psikologis: Persepsi Jama’ah Majelis Pengkajian Al-Qur’an (MPAQ) terhadap Kepemimpinan Nasional
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi para pengurus MPAQ (majelis pengkajian Alquran) yang sudah sering mempelajari Al-quran bagaimana kriteria pemimpin nasional yang diharapkan oleh para pengurus dan jamaah majelis pengkajian Al-Quran (MPAQ), Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk melakukan studi deskriptif terhadap persepsi para jamah majelis pengkajian Al-Quran (MPAQ). Instrument untuk penggalian data yaitu dengan menggunakan open endeed quastionaire, diharapkan dengan angket terbuka ini para jamaah MPAQ dapat leluasa menyatakan pendapatnya tentang kriteria kepemimpinan nasional. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 50%menjawab “Tegas, amanah, mampu meyakinkan rakyat, dan yang 45% menjawab “adil jujur dan berintegritas, ini menunjukkan persepsi dari jamaah MPAQ sudah menasionalis dan memahami dengan keadaan negara Indonesia yang tidak hanya beragama Islam namun ada agama-agama yang selain Islam, sehingga bahasanya lebih global atau menyeluruh agar bisa diterima semua kalangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., & Taruli Pebrina, E. (2020). Analisis Kesiapan untuk Berubah di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 147–159. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Marbun, P. (2020). Pemimpin Transformatif dalam Pendidikan Kristen. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 1(2), 72–87. https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/magnumopus/article/view/47
Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/JK.V6I1.1697
Newstead, T., Dawkins, S., Macklin, R., & Martin, A. (2021). We don’t need more leaders – We need more good leaders. Advancing a virtues-based approach to leader(ship) development. The Leadership Quarterly, 32(5), 101312. https://doi.org/10.1016/J.LEAQUA.2019.101312
Olanrewaju, O. I., & Okorie, V. N. (2019). Exploring the Qualities of a Good Leader Using Principal Component Analysis. Journal of Engineering, Project, and Production Management, 9(2), 142–151. https://go.gale.com/ps/i.do?p=AONE&sw=w&issn=22216529&v=2.1&it=r&id=GALE%7CA671214292&sid=googleScholar&linkaccess=fulltext
Rahayu, P. P., & Agustina, M. T. (2022). Kepemimpinan Dilihat dari Perspektif Psikologi: Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3676–3685. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I9.902
Susanti, S. S. (2019). MORAL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERLANDASKAN AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 317–327. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/30
Zamzam, A. S. (2021). KARAKTER PEMIMPIN TERHADAP KINERJA GURU. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.31602/.V0I0.4701
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.