Pengaruh Pembiasaan Kegiatan Religius di Asrama Terhadap Perilaku Pelajar Pancasila

Muniroh Muniroh, Ainol Ainol, Herwati Herwati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan religius di asrama terhadap perilaku pelajar pancasila di Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah santri asrama Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo berjumlah 61 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode kuesioner. Tekhnik analisis data menggunakan Deskriptif Analisis, dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) pengaruh dari kegiatan religius di asrama Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo masuk dalam kategori “cukup”, hal ini didasarkan oleh rata-rata skor Tingkat Capaian Responden (TCR) yakni 61.63 % dan rata-rata skor Tingkat Capaian Responden (TCR)  variabel perilaku pelajar pancasila 62,72  %. (2) Variabel kegiatan religius berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pelajar pancasila (3) semakin ditingkatkan kegiatan religius di asrama maka akan berpengaruh lebih baik terhadap perilaku santri asrama. Hal ini berdasarkan dari hasil thitung sebesar 11,981maka diketahui bahwa kegiatan religius berpengaruh terhadap perilaku pelajar Pancasila, kemudian di interprestasikan dengan t tabel Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai (thitung 11,981> ttabel 2,002 ) jadi dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif ( Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh antara kegiatan religius terhadap perilaku pelajar pancasila. Berdasarkan hasil uji koefisien deteminasi R square 0,704 terdapat pengaruh positif kegiatan religius sebesar 70,4%.

Keywords


Kegiatan Religius; Perilaku Pelajar Pancasila.

References


Aditomo, A. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Arikunto, Dr. S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Vol. 6).

Bambang Sulistyo, L., Hidayati, D., & Ahmad Dahlan Yogyakarta, U. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam persiapan dan pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di Sekolah Luar Biasa. In Academy of Education Journal (Vol. 15, Issue 1).

Bialangi, S. S., Roskina Mas, S., Masaong, A. K., & Gorontalo, N. (2022). Program Habituasi dalam Penguatan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 243–252. https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023

Cahyono, H., & Khumairo, A. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Pelaku Pedofilia (Sebuah Strategi dalam Mengatasi Amoral). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(1).

Gunawan, F. I., & Suwarsono, St. (2018). Pendidikan Karakter Secara Umum dan pada Pembelajaran Matematika di SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Prosiding Seminar Nasional FKIP, 97–121. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.11

Ismail Shalahudin, Suhana Suhana, & Zakiah Yuliati Qiqi. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.

Kompas.com. (2024, February 2). Lukai Remaja dalam Tawuran di Bekasi, Dua pelajar jadI tersangka.

Kompas.id. (2024, March 4). Siswa SMP di Balikpapan Dipukuli Teman Sekelasnya. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/03/03/siswa-smp-di-balikpapan-dipukuli-rekan-sekelasnya

LintasNews. (2024, February 2). Wajah Pendidikan Semakin Buram Perilaku Buruk Bagi Generasi.

Meliyanti, Alfiandra, Iksan, K. M., Sari, M., Angraini, N., & Fariansyah, E. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Panti Asuhan Al Fatih Palembang. Pengabdian West Science, 02(06), 384–392.

Novita Nur ‘Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo Novita Nur ’Inayah. Oktober, 1(1), 1–13.

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Nurun Alanur, S. S., Amus, S., & Tadulako, U. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

Rochmawan, A. E., Abbas, N., Ulfah, Y. F., Ja’far Nashir, M., & Nashihin, H. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Keagamaan di SMA Negeri Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33292/mayadani.v5i1.155

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). As-S A B I Q U N Kebebasan Dalam Kurikulum Prototype. Maret, 4(1), 115–131. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55–63. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 1–456.

Sujareni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka baru press.

Sumarjoko, Baratullah, M. B., Asroni, A., Musthan, Z., Ulfa, H., Sarwadi, Ahmadi, & Nasihin, H. (2023). Pesantren Property: Case study in Pesantren Property Ploso, Banguncipto Village, Sentolo District, Kulon Progo Regency. Namibian Studies, 3399–3415.

Syafri, U. A., Bawazier, F. A., Tamam, A. M., & Mujahidin, E. (2022). Inovasi program penguatan pendidikan karakter religius berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Al-Kahfi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 574. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8410

Zakarya, Hafidz, Martaputu, & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats