Pengembangan Asesmen as, for and of Learning dalam Pembelajaran PAI

Idghom Mukholik, Tasman Hamami

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan asesmen as, for and of learning dalam pembelajaran PAI. Melalui pendekatan ini asesmen dijadikan 3 pendekatan di antaranya Asesmen As Learning (Aal), Asesmen For Learning (Afl), Asesmen Of Learning (Aol). Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang di tulis dengan cara membaca, menelaah dan menganalisis literatur seperti buku, jurnal, artikel dan dokumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa asesmen as learning (Aal) berkaitan dengan sikap, bakat da minat peserta didik. Aal peserta didik memiliki peran untuk mengukur kemampuannya mulai dari proses, kriteria, hingga pembuatan pedoman atau rubik seperti Self Asesmen dan Peer Asesmen. Asesmen For Learning (Afl) berorientasi pada pemantauan dan peningkatan proses pembelajaran siswa. Dalam pembelajaran PAI berorientasi pada kemampuan baca tulis al-quran dan praktek mengurus jenazah. Sedangkan Asemen Of Learning (Aol) berorientasi kepada penilaian hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran yang berbentuk ujian semester (PTS, PAS). Materi PAI pada penilaian ini yakni beriman kepada Allah, Al-quran, ibadah dengan baik


Full Text:

PDF

References


Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Agustianti, R., Abyadati, S., Nussifera, L., Irvani, A. I., Handayani, D. Y., Hamdani, D., Amarulloh, R. R., Asri, Y. N., & Melian, I. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. TOHAR MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=3dSUEAAAQBAJ

Anisah, G. (2022). Kerangka Konsep Assessment of Learning, Assessment for Learning, Dan Assessment As Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i2.1201

Baihaki, M., & Paramansyah, A. (2024). Pengembangan Assesment Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Vokasi Islam di Era Digital. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 5–13. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.486

Bundu, P. (2017). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=_qlcDwAAQBAJ

Castanelli, D. J., Weller, J. M., Molloy, E., & Bearman, M. (2022). Trust, power and learning in workplace-based assessment: The trainee perspective. Medical Education, 56(3), 280–291. https://doi.org/10.1111/medu.14631

Hairun, Y. (2020). Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=GLTqDwAAQBAJ

Junior, J. B. B. (2020). Assessment for Learning with Mobile Apps: Exploring the Potential of Quizizz in the Educational Context. International Journal of Development Research, 10(01), 33366–33371. https://quizizz.com/about

Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru. https://books.google.co.id/books?id=sVvDEAAAQBAJ

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mariyati Teluma, H. W. R. (2019). Penilaian. Pgri Prov Kalbar dan Yudha English Gallery. https://books.google.co.id/books?id=sibHDwAAQBAJ

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Nurlitasari, A., & Hamami, T. (2023). Assessment as, for, of learning pembelajaran pendidikan agama Islam tingkat menengah atas. Humanika, 23(2), 225–234. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.61406

Prijowuntato, S. W., Taum, Y. Y., M, T. A. H., & Press, S. D. U. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press. https://books.google.co.id/books?id=ipLVDwAAQBAJ

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Penilaian Pendidikan dan Ujian. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan, September, 1–24.

Tamrin, F. M. (2019). Instrumen Assessmen Ranah Kognitif. Al Lqo’, 04(01), 121–139.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88

Umam, K., & Latif, A. (2020). Urgensi Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Assessment Of Learning , Assessment For Learning , Assessment As Learning. Journal Rechtenstudent (RSJ), 1(1), 1–5. http://digilib.uinkhas.ac.id/11964/1/Urgensi Evaluasi Pembelajaran PAI menggunakan Asssment of Learning.pdf




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats