Kreativitas Guru dalam Mengoptimalkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kebun Tebu, Lampung Barat

Rizka Febriani, Chairul Anwar, Siti Zulaikhah, Muhammad Mustofa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam mengoptimalkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Kebun Tebu, Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) kreativitas guru PAI dalam mengoptimalkan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 Kebun Tebu sudah dalam kategori baik. Hal ini terlihat bahwa guru PAI menerapkan pembelajaran dengan menerapkan metode menarik yang dapat menumbuhkan critical thinking peserta didik. 2) Adapun faktor pendukungnya yaitu dari kepala sekolah itu sendiri. Dimana kepala sekolah selalu memberikan kesempatan dan dukungan seluas luasnya dalam mengembangkan kualitas guru PAI.


Keywords


Kreativitas; Guru; Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anwar, C. (2019a). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. SUKA-Press.

Anwar, C. (2019b). Multikulturalisme Globalisasi Dan Tantangan Pendidikan Abad Ke-21.

Ardianto, W., & Wijayama, B. (n.d.). Karya inovasi guru penggerak. QAHAR PUBLISHER.

Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446.

Baga, Y., Saingo, Y. A., Ali, U., & ... (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Lamboya. ULIL ALBAB: Jurnal …, 2(9), 4121–4135.

Dewi Safitri, & Sudirman Anwar, (2019). Menjadi Guru Profesional. PT. INDRAGIRI DOT COM.

Dr. Chairul Anwar, M. P. (n.d.). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCISOD.

Dr. Sigit Hermawan, S. E. M. S., & Amirullah, S. E. M. M. (2021). METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

DR. SUTIAH, M. P. D. (2020). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. NLC.

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduana: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86.

Hulbat, R. (2023). Kreatifitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Hulu Sungai Tengah. Adiba: Journal of Education, 3(1), 55–63.

Ismail, S., & W, S. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408.

Karmilah, K., Heru Juabdin Sada, & Muhammad Mustofa. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Boarding School di MAN 1 Lampung Barat. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 63–75.

Khotimah, A. H., Azizah, A., Ginting, N., Siddik, M. F., & Darlis, A. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional . At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 82–91.

Neliwati, N., Putri, H. D., Hasibuan, P. A. S., & Rifqi, M. F. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Kurikulum 2013. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1673–1677.

Rizal, C. B. S. C. S. A. A. (2021). Penelitian Lapangan: Handbook Perbandingan Politik. Nusamedia.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Syaikhudin, A. (2013). “ Volume 7, No. 2, Desember 2013 .” Jurnal Lisan A-Hal, 7(2), 313–331.

Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats