Kontribusi KH. Tb. Ahmad Hasyuri Thohir dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Kota Serang

Tb. Ahmad Munada Tb. Ahmada Munada, Rumbang Sirojudin Rumbang Sirojudin, Ikhwan Hadiyyin Ikhwan Hadiyyin, Wasehudin Wasehudin

Abstract


Penelitian ini mengungkap peran penting KH. TB. Ahmad Hasuri Thohir mendalami pendidikan Islam dengan mendirikan pondok pesantren At-Thohiriyyah. Pondok pesantren ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka di Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi KH. TB. Ahmad Hasuri Thohir melalui pondok pesantren At-Thohiriyyah yang berfokus pada penyediaan pendidikan Islam di Serang, bertujuan untuk mendidik santri dengan akhlak yang kokoh, wawasan yang luas, dan pemahaman teks-teks Islam klasik. Banyak lulusan At-Thohiriyyah yang berkecimpung di dunia akademis, menjadi penerus ulama, mendirikan pondok pesantren, dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan Islam melalui karya-karya ilmiah. Sebagai penutup, penelitian ini menguraikan bahwa KH. TB. Upaya Hasuri Thohir dalam mengembangkan pendidikan Islam yang diwujudkan melalui pendirian Pondok Pesantren At-Thohiriyyah, telah berhasil menempatkannya sebagai lembaga pendidikan Islam yang difavoritkan masyarakat, terbukti dari prestasi santri yang menguasai ilmu agama dan memberikan sumbangsih ilmu.


Keywords


Pendidikan Islam; Pondok Pesantren.

Full Text:

PDF

References


Adesafrudin, D. (2022). Strategi Retorika Dakwah Abuya Arrazy Hasyim Melalui Media Live Streaming Youtube. Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Baca Kitab Di Pondok Pesantren Tarbiyatun NasyiIn: Artikel. Kabillah: Journal Of Social Community, 4(2), 34–43.

Agustina, W. (2019). Peran Penyuluh Agama Islam Bidang Kerukunan Umat Beragama (Kub) Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Sebagai Upaya Membina Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kecamatan Jasinga. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif.

Ahmad Tafsir. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Rosdakarya.

Al Furqan. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren Dan Upaya Pembenahannya. Unppress Padang.

Aminuddin. (2024). Wawancara Dengan Aminuddin Pengurus Ponpes At-Thohiryyah.

Anas, A. I. (2012). Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29–44.

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam Cetakan Ke Dua. Sibuku.

Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Lp3es.

Erawadi, E. (2015). Jaringan Keilmuan Antara Ulama Mandailing-Angkola Dan Ulama Semenanjung Melayu.

F, M. M. (1985). Mengenal Pemikiran Kitab Kuning, Dalam Dawam Rahardjo (Ed.), Pergulatan Dunia Pesantren. P3m.

Fahham, A. M. (2015). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter Dan Perlindungan Anak. In Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 4 Pendidikan Lintas Bidang (Ed. 1i; Ce). Publica Institute Jakarta.

Fauzi, W. N. (2022). Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Metode Halaqah Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Iain Ponorogo.

Fujiyanti, A. (2020). Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Santri Melalui Mudzakaroh (Studi Di Pon-Pes At-Thahiriyah Kaloran, Serang, Banten). Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. LPI.

Humaeni, A., & Humaeni, A. (2014). Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal Dalam Magi Banten. Gp Press.

Kariyanto, H. (2019). Peran Pondok Pesantren Dalam Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan" Edukasia Multikultura", 1(1).

Komarudin, O. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. Al-Kainah: Journal Of Islamic Studies, 1(1), 34–54.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam.

Mahfudoh, S. A., & Badi, U. (2020). Relevansi Konsep Pendidikan Sosial Anak Perspektif Abdullah Nasih Ulwan Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02).

Miles Dan Huberman. (1992). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta Ui Press.

Moh, N. (2003). Metodepenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mu’min, M. (2016). Metodologi Ilmu Tafsir. Idea Press Yogyakarta.

Mujib Abdul Dan Jusuf Mudzakkir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Mukaromah, R. N., & Mukaromah, R. N. (2024). Manajemen Pembelajaran Tahf Al-Quran Di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang Tahun 2024. Upt. Perpustakaan Undaris.

Musaddad, E. (2014). Kajian Hadis Pada Pondok Pesantren Dan Perguruan Tinggi Di Banten.

Musaddad, E. (2016). Kajian Hadis Di Banten: Studi Pada Pondok Pesantren Masa Reformasi Dekade Ke-2. Holistic Al-Hadis, 2(2), 261–278.

Nurdiyanto. (2021). Peran Kyai Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Kitab Jurumiyah (Studi Kualitatif Pada Santri Pondok Pesantren Se-Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Banten). In Skripsi. Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nurdiyanto, N., Basri, H. B. H., & Suhartini, A. S. A. (2024). Internalisasi Nilai Religius Pada Mata Pelajaran Pai Jenjang Sd Untuk Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

Nurdiyanto, N., Jamal, J., Isnaini, N. A., & Yulianti, F. (2023). Landasan Filosofis-Teologis Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 889–912.

Nurdiyanto, N., Musyfiq, A., & Nursobah, A. (2024). Independent Curriculum Development Strategy In Islamic Religious Education: Conceptual Studies Of Building Character And Nationality. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 65–80.

Nurdiyanto, N., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Pembiasaan Kegiatan Keberagamaan Dalam Membentuk Karakter Siswa Sdit Nur El-Qolam Serang Banten. J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2).

Prasetyo, I. (2020). Peran Kh. Tb. Ahmad Hasuri Tohir Dalam Pengembangan Sosial Keagamaan Di Kaloran Serang 1978-2018. Uin Smh Banten.

Purnomo, M. H. (2020). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Cetakan Pe, Vol. 21, Issue 1). Bildung Pustaka Utama.

Purwani, A., & Nursafitri, E. (2022). Implementation Of The Cantol Roudhoh Method On Reading Ability In Children Aged 5-6 Years (Descriptive Qualitative Research At Al Meera Kindergarten, Situ Village Pondok Salam District, Purwakarta In 2021). Icobba_2021, 468–494.

Rahmah, E. Y. (N.D.). Nilai-Nilai Al-QurAn Dalam Pelestarian Lingkungan Di Pesantren Istana Mulia. Fu.

Roudho, M. (2022). Sang Abuya.

Sabrina, D. (2023). Problematika Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dan Alternatif Solusinya. Dirosat: Journal Of Education, Social Sciences & Humanities, 1(2), 58–68.

Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70.

Salik, M. (2020). Nahdlatul Ulama Dan Gagasan Moderasi Islam. Literindo Berkah Jaya Malang.

Sawiran, H. (2022). Resepsi Seni Kaligrafi Al-Quran (Studi Kasus D. Sirojuddin Ar). Fu.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustriani Suryandri (Ed.); Edisi Keli). Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif) (5th Ed.). Alfabeta.

Sulhah. (2024). Wawancara Dengan Hj. Sulhah Alumni Dari Pondok Pesantren At-Thohiriyyah.

Syahbana, M. A. (2021). Peran Pendidikan Islam Dalam Pusaran Dinamika Bangsa. Moralitas: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 18–34.

Tb. Faiz. (2024). Wawancara Dengan Putra Pendiri Pesantren.

Tohir, K. (2020). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Scopindo Media Pustaka.

Ummah, E. O. S. S. (2017). Pengaruh Pengamalan Tarekat Syadziliyah Terhadap Kesalehan Spiritual Santri Pesantren Cidahu Pandeglang Banten.

Yusuf, M., Nawir, M. S., Muhandy, R. S., & Mafiroh, N. N. (2021). Membangun Dunia Pendidikan Islam Di Tengah Keterbatasan (Potret Pondok Pesantren Di Kota Jayapura). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 73–98.

Zeidan, J. T. (1995). Arab Women Novelists: The Formative Years And Beyond. Suny Press.

Ziemek, M. (1986). Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Terj. Butcher B. Soendjojo. P3m.

Zuhairini. (1993). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats