Implementasi Platform Alef Education Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X7 MAN 2 Tuban

Eva Nur Fajriyah, Ahmad Shofiyuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi alef education dalam evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas X, kelebihan dan kekurangannya. Tempat penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban. Sumber data utama pada penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlak dan siswa siswi kelas X7 Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya alef education yang diterapkan sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Guru memberikan evaluasi dengan suatu hal yang baru, agar siswa tidak merasa bosan dan tentunya berhubungan dengan teknologi karena memang zaman sudah menunjukkan diera digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaporan evaluasi pembelajaran melalui beberapa langkah dalam proses penggunaan. Kelebihannya yaitu berbagai macam variasi didalamnya dan siswa sangat menyenangkan dan siswa sangat antusias dalam pelaksanaannya. Meskipun terdapat beberapa kendala yang menjadi kekurangan yaitu keterbatasan kuota yang dimiliki oleh siswa, akan tetapi lebih banyak siswa yang merasa senang dengan penggunaan alef education dalam evaluasi yang dapat mengetahui secara langsung hasil kemampuan siswa. Dengan adanya alef education pendidik merasa terbantu dan dapat meninjau seberapa kemampuan siswanya.


Keywords


Alef Education; Alat Evaluasi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifa’I, (2021). “Pengantar Metodologi Penelitian,” 67. Yogyakarta: SUKA-Press.

Alef Education Indonesia, (2014). “Alef Education,” n.d. https://alef.co.id/untuk-siswa/.

Asrul dkk. “Evaluasi Pembelajaran,” 1st ed., 12. Bandung: Citra Mustaka Media.

Febrianti, Aurora Nandia. (2022). “Evaluasi Pembelajaran.” edited by Tri Putri Wahyuni Ari Yanto, 17. Sumatera Barat: PT. Global eksekutif teknologi.

Fiantika, Rita Feny dkk. (2022). “Metodologi Penelitian Kualitataif.” edited by Yuliatri Novita, 1st ed., 4. Sumatera Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Herawati. “Penerapan Model Blanded Learning Berbasis Platform Alef Education Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Dimensi Matematika 05 (2022): 512

Irwan Soulisa, Moh. Supratman, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Evi Damayanti (ed.); 1st ed., p. 20). Grup CV. Widina Media Utama.

Isro’ani, Farida. “Pengaruh Media Goggle Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 05 (2022): 440. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3113%0A.

Kurniawan, Andri. (2022). “Evaluasi Pembelajaran.” edited by Ari Yanto, 1. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Magdalena, Ina, dkk. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2 (2020): 247. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Minarti, Sri. (2022). “Ilmu Pendidikan Islam.” edited by Nur Laily Nusroh, 107. Jakarta: AMZAH.

Mursyid, Ali. “Penerapan Kurikukulum Merdeka dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Purwakarta”. (2022). “Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2023)179-178.

Pasaribu, Benny dkk. “Metodologi Penelitian.” edited by Ahmad Muhaimin, 1st ed., 1. Tangerang: Media Adu Pustaka.

Purwati. Dwi, Alifia Nur Prasetya Nugroho. “Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Goggle From Di SMA N 1 Prambanan.” Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 4 (2018): 1.

Rukajat, Ajat “Teknik Evaluasi Pembelajaran,” 1. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Rosad, Miftakhu Ali. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 2 (2019): 176.

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran (p. 7). Deepublish

Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In 1 (p. 34). PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD) (p. 204). Alfabeta.

Wahyuni, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Yuliatri Novita (ed.); p. 53). PT. Global eksekutif teknologi.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats