Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Phubbing (Phone Snubbing) pada Siswa SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan

Laras Utami, Humaidah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dalam mencegah perilaku phubbing di kalangan siswa. Phubbing, yang merupakan tindakan mengabaikan orang lain untuk fokus pada smartphone, menjadi isu yang signifikan di lingkungan pendidikan. Guru PAI berperan penting dalam mengatasi masalah ini melalui berbagai strategi. Data diperoleh dari Guru Pendidikan Agama Islam melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi (triangulasi). Data dianalisis dan diolah untuk mencapai kesimpulan, berdasarkan catatan lapangan dari pengamatan dan wawancara, menghasilkan kalimat, gambar, kata-kata, dan simbol. Guru PAI menggunakan media edukatif, mengadakan sesi diskusi dan refleksi, dan bekerja sama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) untuk mengawasi penggunaan gadget yang tidak sesuai. Pembiasaan sikap positif seperti 3S (Salam, Sapa, Senyum), sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, serta pembacaan doa juga diterapkan. Pengawasan ketat dan penegakan disiplin yang konsisten turut membantu mengurangi perilaku phubbing. Mereka mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pengajaran, menjadi teladan positif melalui sikap empati, kejujuran, dan keadilan, serta mendukung kegiatan ekstrakurikuler. Data dianalisis dan diolah untuk mencapai kesimpulan, berdasarkan catatan lapangan dari pengamatan dan wawancara, menghasilkan kalimat, gambar, kata-kata, dan simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ini efektif dalam membantu siswa mengembangkan karakter yang lebih baik dan menciptakan suasana belajar yang lebih positif dan interaktif.


Keywords


Peran; Guru PAI; Phubbing.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. B (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jakarta Pustaka Imam asy-Syafi'i.

Abeele, M. M. P., & Campbell, S. W. (2016). Phubbing behavior and its impact on focus and concentration in students. Journal of Behavioral Addictions, 5(4), 567-576. doi:10.1556/2006.5.2016.085.

Ahmad Bin Hanbal, Musnad Al-Imam Ahmad Bin Hanbal, J. 6 Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Burkhori M.bin L. (870). shohih Bukhari

Al-Hilali, A. U. S. (2005). Syarah Riadhush Salihin (jilid 1) https://eshaardhie.blogspot.com/2017/08/download-terjemah-kitab-sy shalihin-karya-syaikh-salim-bin-ied-al-hilali-2-jilid.html

Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Tafsir al-Maraghi 1, terj. Bahrun Abu Bakar, Beirut: Darul Kutub.

Agung, A., & Galigo, P. (n.d.). Perilaku Phubbing Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 1 Siswa Di Smk Negeri 10 Makassar).

Arends, R. I. (2023). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Ang, C.-S., Teo, K.-M., Ong, Y.-L., & Siak, S.-L. (2019). Investigation of a preliminary mixed method of phubbing and social connectedness in adolescents. Addiction & health, 11(1), 1.

As-suyuthi, jalaludin. 2008. Sebab turunnya ayat alqur'an. Depok: gema insani.

Butler, S. (2017). Macquarie dictionary (Vol. 5): Macquarie Dictionary Publishers

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. Computers in human behavior, 63, 9-18.

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction: How phubbing undermines face-to-face interactions. Journal of Applied Social Psychology, 48(8), 304-316. doi:10.1111/jasp.12506.

Emmer, E. T., & Sabornie, E. J. (2022). Handbook of Classroom Management. New York

Fauzi, Ridwan. 2017. "Tafsir Ibnu Katsir QS An-Nisa Ayat 86."

Fullan, M. (2022). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Hakis, Oleh, Fakultas Usuluddin, and Dan Dakwah. 2020. "Adab Bicara Dalam Prespektif Komunikasi Islam." Merzusuar 1(1):43-68.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Imania Eliasa, E., & Luthfi Laksita Romadhona, Mp. (n.d.). Panduan Bimbingan Kelompok Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mereduksi Perilaku Phubbing Smp Negeri 1 Turi Yogyakarta.

Islam, U., Muhammad, K., Al-Banjarmasin, A., Diniati, A., Jarkawi, F., Universitas, I., Kalimantan, M., Banjarmasin, /, Program, S., Bimbingan, D., & Konseling, A. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecanduan Anak Yang Menggunakan Gadget Di Smk Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 3. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Karadağ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., & Şahin, B. M. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60-74. doi:10.1556/2006.4.2015.005.

Kemenag, R. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah

Mahmudi. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi, TA DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai 2.1.89-105

Malik, A. (2019). Akhlak Mulia Tinjauan Sastra dan Agama. Batam. CV Rizki Fatur Cemerlang

Mumtaz, E. F. (2019). Pengaruh adiksi smartphone, empati, kontrol diri, dan norma terhadap perilaku phubbing pada mahasiswa di Jabodetabek. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nata, A. (2001). Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta : Raja Grafindo

Nur’asiah, N., Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203

Ramadhani, R., & Jamil, M. (2019). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 45-59. doi:10.15642/jpai.2019.7.1.45-59.

Reza, I. F. (2018). Dimensions of phubbingamong moslem adolescents in revolution industry 4.0: Perspectif mental health. IcomethNCP, (PROCEEDING of International Conference of Mental Health, Neuroscience, and Cyberpsychology), 62–70. doi:10.32698/25259

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2022). Organizational Behavior. Boston: Pearson.

Roberts, J. A., David, M. E. (2020) My life has become a major distraction from my cell phone: partner phubbingand relationship satisfaction among romantic partner. Computer in Human Behavior, 54, 134-141.

Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan Pendekatan Metode Literature Study and Review (Lst). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.54125/elbanar v6i1.149

Suyanto, W., & Jihad, A. (2023). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Semiawan, Conny. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula. Jakarta: Grasindo.

Studi, S. J., Islam, K., Fandi, H., Lintang, A. ;, & Putri, S. S. (2023). Pola Interaksi Sosial Guru Akidah Akhlak Dalam Merespon Maraknya Perilaku Phubbing di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di MAN Kota Batu). https://doi.org/10.XXXXX/XXXXXX

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Taqiyuddin, A.-N. (2002). Ad-Daulatul al-Islamiyah (Libanon). Dar al-Ummah.

Trilling, B., & Fadel, C. (2021). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Usman, H. (2020). Menjadi Guru Berprestasi. Jakarta: Grasindo

Yani, M. (2021). Hakikat Guru dalam Pendidikan Islam. Suliza Educational Journal, 1 (2), 34-38.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats