Implementasi Program Bina Pribadi Islami melalui Kegiatan Mengaji dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Negeri 108306

Muhammad Khairil Lubis, Arlina Arlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis mengenai implementasi dari kegiatan bina pribadi islami yang diterapkan oleh sekolah SD Negeri 108306 melalui kegiatan mengaji sebagai upaya dalam membentuk karakter peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang cukup signifikan terkait pembentukan karakteristik peserta didik di SD Negeri 108306 yang dilakukan melalui penerapan program kegiatan bina pribadi islami melalui kegiatan mengaji, khususnya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menerapkan program pembinaan kepribadian berbasis keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik. Temuan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait, termasuk lembaga pendidikan, guru, dan orang tua, dalam merancang program dan kegiatan yang mendukung pembentukan karakter para peserta didik sejak dini.


Keywords


Bina Pribadi Islami; Mengaji; Karakter.

Full Text:

PDF

References


Agra, Hanif. (2021). Implementasi program bina pribadi islami (BPI) dalam membentuk karakter peserta didik”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (5). 2268-2276Al Qur’an, Hudza Dzun

Nun. (2023). Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membangun Karakter Religius pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Khaldun Lembang”, Bandung Conference Series: Islamic Education. 3 (2). 673-679

Anshori,Aan. (2020). Kepribadian dan Emosi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara. 1 (1). 43

Asha, Lukman. 2020. Manajemen Pendidikan Madrasah: Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah dari Masa ke Masa. Yogyakarta: Ayzan Mitra Media

Astitah, Andi, Dkk. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. Jurnal Pilar. 11 (1). 139

Cahyono. (2016). Pendidikan Karakter Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Jurnal Ri’ayah. 1 (2). 233

Darmadi dan Bustomi. (2018). Kiprah Guru Ngaji Perempuan Kampung pada Orang Melayu di Pulau Borneo. Raheema. 5 (1). 39-50

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Fauziah, Enti. (2021). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Bina Pribadi Islami di SD IT Harapan Bangsa Natar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama. 1 (2). 201-210

Julkarnain & Abas Mansur Tamam. (2022). Pembentukan Kepribadian Peserta Didik melalui Program Bina Pribadi Islami di SMP IT Ummul Quro Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. 15 (1). 27-41

Karmila dan Tarmana. (2021). Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Program BPI (Bina Pribadi Islami) di SMP IT Al-Khoiriyah Garut. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama. 6 (1). 89

Muchlis, Lita Sari. (2020). Game Edukasi Belajar Mengaji Menggunakan Metode Linear Congruent. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 5 (2). 120-128

Normina. (2018). Pendidikan dalam Kebudayaan. Jurnal Ittihad. 15 (28). 17

Rahayu, Dewi Widiana & Mohammad Taufiq. (2020). Pendidikan Karakter melalui Living Values Education (LIVE) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1 (7). 1305-1312

Rahman, Mohammad Syakur, Dkk, (2022). Implementasi Program Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Manado. Jurnal Ilmiah Iqra’. 16 (1). 118-133

S. Rahman, Mohammad, et al. (2022). Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Menambahkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Harapan Bunda Manad. Jurnal Ilmiah Iqra’. 16 (1). 118-132

Sarinawati, Andi. (2023). Pembinaan Karakter Religius Siswa melalui Kegiatan Bina Pribadi Islam di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. 10 (3). 77-92

Siswati. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Journal of History Education. 4 (1).

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats