Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 102071 Dolok Masihul

Kurniawan Lubis, Muhammad Fadli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana di SD NEGERI 102071. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan berfokus pada deskripsi akurat mengenai kejadian di lapangan. Berdasarkan wawancara dengan pihak terkait, ditemukan bahwa pengadaan sarana dan prasarana dilakukan melalui analisis kebutuhan, musyawarah dengan para guru, dan persetujuan dari dinas terkait. Pemanfaatan sarana difokuskan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan operasional sekolah, mencakup penggunaan ruang kelas, perpustakaan, ruang guru, ruang olahraga, UKS, kantin, dan fasilitas lainnya.Pemeliharaan dilakukan secara rutin dan berkala, dengan keterlibatan siswa dalam menjaga kebersihan serta peran guru dalam perawatan teknis.Penghapusan sarana yang tidak layak pakai dilakukan dengan menyimpan barang sebagai bukti fisik untuk keperluan audit, sementara barang yang masih bisa diperbaiki didaur ulang untuk penggunaan kembali.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD NEGERI 102071 memiliki sistem manajemen sarana dan prasarana yang efektif, mendukung efisiensi operasional sekolah, dan menjaga kualitas lingkungan belajar.

Keywords


Manajemen; Sarana dan Prasarana.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, R. Y., Wulandari, H. M., Hartati, S., & Anggraeni, E. Y. (2023). Sistem Informasi Manajemen. Penerbit NEM.

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088

Ii, B. A. B., Sarana, A. M., & Manajemen, D. (2014). Stephen P. Robbins dan Mary Coulter, Management Twelfth Edition (England: Pearson Education Limited, 2014), h. 33 11. 11–38.

Islamic, J., & Manajemen, E. (2019).Ike Malaya Sinta. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Mahardika, Rini Suwarni, Puput Siti Rokayah, F. (2021).Pengembangan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SD Negeri 1 Purbawinangun.307–314.

Marzuqi, A., Julaiha, S., & Rumainur, R. (2021).Strategi Kepala Sekolah Ddalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), 45-64.

Melaku, A., Mengistie, B., & Addis, T. (2023). The Status of School Water, Sanitation, and Hygiene Services in Addis Ababa, Ethiopia: Progress Towards Achieving the SDG 6. Environmental Health Insights, 17.https://doi.org/10.1177/11786302231199003

Nofiyanti, N. (2022). Pengelolan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Di Man 3 Kebumen Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Nurbaiti.(2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(4), 536–546. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i4.1156 Riyanto

Pusvitasari, R., & Sukur, M. (2020).Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 94-106.

Ramdhiani, R., & Rahminawati, N. (2021).Analisis pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 95-101.

Rosadi, M. H. (2021). Manajemen sarana perpustakaan IAIN Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana - Core Reader. In Jurnal Isema: Islamic Educational Management (Vol. 4, Issue 1, pp. 77–92).

Sinta, I. M. (2019).Manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92. Jaya, I., Siradjuddin, S., & Mardhiah, M. (2024). Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mewujudkan Daya Saing Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(2), 164-180.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Hilmy, M. F. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Diniyah Takmiliyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 23–41. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5007

Syarifuddin, S., Rahmattullah, R., & Akmaluddin, A. (2024).Efektifitas Penggunaan Dana Bosp Pada Sekolah Dasar Negeri Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berdasarkan Model Cipp Di Kabupaten Aceh Besar. Visipena, 53-74.

Widayati, S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022).Strengthening the Relationship with Parents; School Creativity to Overcome School’s Infrastructure Problems. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6805–6816. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2298

Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023).Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika. Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21.Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Zhahira, J., Shalahudin, S., & Jamilah, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85-100.

Zulkarnain, W. (2022).Manajemen layanan khusus di sekolah. Bumi Aksara. Di, P., & Bukittinggi, S. (2014). Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas. 2, 636–648.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats