Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Model Medan

Priska Priska, Sapri Sapri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesulitan yang muncul saat menerapkan mata kuliah Studi Mandiri dan Fiqh di Model Medan Man 2. Pembelajaran mandiri, sebuah pendekatan inovatif untuk pendidikan, memberikan guru dan siswa kebebasan untuk memilih gaya belajar yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, ada beberapa tantangan dalam menerapkan pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mempelajari berbagai masalah yang dihadapi guru Fiqih saat menerapkan Program Mandiri. Permasalahan tersebut termasuk masalah mengemas dan menyampaikan materi pelajaran serta berbagai perubahan perilaku yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus cukup siap untuk menyiapkan praktik pembelajaran yang sesuai dengan visi sistem baru saat menerapkan Kurikulum Mandiri. Selain itu, perlu ada kerja sama dari semua pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, siswa, orang tua, guru, dan pemangku kepentingan lainnya, untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan pemahaman yang jelas mengenai tantangan yang ada, kami yakin bahwa penerapan pengajaran Merdeka di pendidikan formal akan menjadi langkah penting dan perlu dalam pengembangan pengajaran di MAN 2 Model Medan.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Fikih; Problematika Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. (2002). Paradigma Alternatif Pengembangan Ushul Fiqh dan Dampaknya pada Fiqh Kontemporer, dalam Ainurrofiq (ed.) “Mazhab” Jogja: Menggagas Paradigma Ushul Fiqh Kontemporer”. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Afni, T. N. (2024). Problematika Pembelajaran Fikih Di Kelas Iv Mis Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Lunggi Journal, 2(1), 137-147.

Al-Duraini, Fathi, Muhammad. (1994). Buhûts Muqâranah fi al-Fiqh al-Islâmi. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Hulaiby, A. bin A. A. (2011). Dasar-Dasar Pembinaan Wawasan Anak Muslim. Pustaka Helba

al-Khalaf, Abd al-Wahab. (1990). Ilm al-Ushul al-Fiqh. Kairo: Maktabah al-Dakwah al-Islamiyah Syabab al-Azhar.

Ash Shiddieqy, Hasbi, Fuad. (1999). Pengantar Ilmu Fikih. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Departemen Agama RI. (2019). Alquran dan Terjemahan Al-Baqarah Ayat 31

Departemen Agama RI. (2019). Alquran dan Terjemahan Surah Al-Maidah Ayat 31

Departemen Agama RI. (2019). Alquran dan Terjemahan Surah Az-Zumar Ayat 9

Hasan, M. S. (2021). Implementasi Pembelajaran Qur-Any 2 Dalam Peningkatan Pemahaman Terjemah Al-Qur’an Perkata Di Mts Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 112–122.

Kadar M. Yusuf. ( 2011). Tafsir Tarbawi. Pekan Baru Riau: Zanafa.

Karim, Syafi’i. (1997). Fikih Ushul Fikih untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesacenter, 1(1), 80–86

Nabila, N. A., & Achadi, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Tsanawiyah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 304-315

Pertiwi, A. A., & Achadi, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Fikih Pada Kelas 9 Di Mts Negeri 2 Karawang. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(3), 111-120.

Shihab Quraish, Tafsi al-Mishbah. (2010). (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an) Vol I,, Ciputat: Lentera Hati.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tim Penyusun. (2021). Pedoman Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wiguna, I. K. W., Adi, M., & Tristaningrat, N. 2022. Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats

  • https://international.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/
  • https://tjvs.tu.edu.iq/
  • https://ojs.al-adab-journal.com/
  • https://insightfuljournals.com/
  • https://interaction.id/
  • https://satpolpp.inhilkab.go.id/sthailand/
  • https://satpolpp.inhilkab.go.id/smahjong//
  • https://my-klasiber.polhas.ac.id/xthailand/
  • https://my-klasiber.polhas.ac.id/xmahjong/
  • https://my-klasiber.polhas.ac.id/slqris/
  • https://my-klasiber.polhas.ac.id/schitam/
  • https://satpolpp.inhilkab.go.id/scahitam/
  • https://satpolpp.inhilkab.go.id/slopulsa/
  • https://satpolpp.inhilkab.go.id/sloqris/
  • stmedj.com
  • inmovil.org
  • journal.fisil.ubhara.ac.id
  • https://egyptscholars.org//
  • Slot Thailand
  • Thailand Slot
  • Slot Deposit Pulsa 10k
  • Slot
  • https://egyptscholars.org/slot-thailand/
  • Slot Thailand
  • Thailand Slot/
  • Slot
  • Slot Deposit Pulsa 10k
  • Slot Maxwin
  • https://v2.stieputrabangsa.ac.id/nity/
  • https://siakad-pben.unida-aceh.ac.id/infy/
  • https://ct.pt-sultra.go.id/site/
  • https://ct.pn-probolinggo.go.id/file/
  • https://sipp.pa-bawean.go.id/site/