Manajemen Program LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) dalam Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an Siswa di SMKS DWITUNGGAL 2 Tanjung Morawa
Abstract
Dalam rangka meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an siswa, pengkajian bertujuan untuk memahami bagaimana program LPTQ di SMKS DWITUNGGAL 2 Tanjung Morawa dikelola. Dengan menggunakan metodologi studi kasus, metodologi penelitian ini bersifat kualitatif. Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi merupakan hal-hal yang diperlukan dalam pengelolaan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an siswa di SMKS DWITUNGGAL 2 Tanjung Morawa. 1) Melakukan Perencanaan (planning) bertujuan untuk menetapkan target capaian, dan mengoptimalkan cara pelaksanaan semua tahapan program LPTQ untuk minimalisir masalah-masalah yang ada sejak dini; 2) Melaksanakan Pengorganisasian, yaitu memberikan tugas dan wewenang kepada pihak yang terlibat; 3) Melakukan Pelaksanaan, yaitu dengan menjalankan seluruh tahapan kegiatan program LPTQ sesuai dengan aturan yang telah disepakati, baik itu pelaksanaan kegiatan menyaring kemampuan siswa, pelaksanaan kegiatan mengkonsepkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an, pelaksanaan pematangan konsep, pelaksanaan aktivitas memberikan bimbingan sesuai dengan kemampuan siswa, serta pelaksanaan kegiatan evaluasi bimbingan; 4) Pengawasan kegiatan LPTQ, yaitu melakukan pengawasan secara spesifik terhadap seluruh tahapan kegiatan program LPTQ yang bertujuan untuk minimalisir identifikasi masalah-masalah yang ada sehingga dapat mencapai target yang diinginkan; 5) Evaluasi Program LPTQ, yaitu melakukan penilaian akhir guna mengetahui seberapa berhasilnya seluruh rangkaian program LPTQ dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur'an pada siswa, sehingga kemudian bisa memberikan umpan balik dalam perbaikan. Dan uniknya dari penelitian ini ditemukan sebuah model manajemen LPTQ yang terintegrasi dengan program kejuruan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2016). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Aswaja persindo
Andri Kurniawa, Andri Nurochmah,dkk. (2022). Manajemen Dalam Rangka Peningkatan Kualitasn Sumber Daya Manusian. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari
Anwar, R. N. (2020). Pembentukan Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Quran Anak Usia Dini Guna Mencetak Generasi Qur’ani Pada Era New Normal. In Abdimas Lintas Kampus Untuk Bangsa: Bidang Ekonomi Bisnis, Pendidikan, Agama, Sosial, Hukum, Manajemen, Sains Dan Teknologi (pp. 67–74). Yogyakarta: Samudera Bi
Asari, H. N (2023). Opportunities and Challenges of Modernizing The Educational System of The Tahfidz Boarding School Medan City. Edukasiislam: Jurnal Pendidikan Islam
Hasan Zaini, “Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif AL-Qur‟an,” Jurnal al-Fikrah 1, no.1 (Januari-Juni 2013): 5.
Mansyah, Z. H. (2021). Peran Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dalam Meningkatkan Pembinaan Kualitas Pendidikan Akhlak Mulia Kader Qori’-Qori’ah. Jurnal Bedu Managers, 18.
Muslim, S. (2022). Peran Pengawasan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(1), 83-104.
Mukti, A., Syaukani, S., & Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 123-146.
Nawawi, A. (2015). Peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Di Kota Banjarmasin. Tashwir, 3, 245-59.
Kusmawardi, K. (2021). Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi NTB dalam peningkatan prestasi peserta lomba pada musabaqah tingkat nasional (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadith. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 291-323.
Ruslan, M. (2024). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an di Yayasan Tahfizdul Qur’an Al-Fawwaz Medan. Berajah Journal, 4(2), 245-254.
Saefrudin, S. (2017). Pengorganisasian Dalam Manajemen. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 56-67.
Sri Rokhmiyati, “Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam,” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 3, no.2 (Desember 2018): 231-25
Syahid, I. (2023). Peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur; an Kecamatan Bandar Masilam dalam Membentuk Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an. Tsaqofah, 3(5), 863-873.
Winarti, E. (2018). Perencanaan manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1-26.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.