Strategi Kepala MDT dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berbasis Standar Pelayanan Minimal: Pendekatan Sequential Exploratory

Tri Yugo, Dedih Surana, Masnipal Masnipal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung dalam meningkatkan mutu pembelajaran berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain Sequential Exploratory Design. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima Kepala MDTA yang terpilih, kemudian diikuti dengan pengumpulan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 45 Kepala MDTA di kecamatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kepala MDTA sangat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui implementasi SPM. Strategi yang diterapkan termasuk pengembangan kurikulum yang relevan, pelatihan profesional guru, pengelolaan sarana prasarana, serta inovasi dalam metode pembelajaran. Temuan dari wawancara dan survei menunjukkan bahwa 88% responden setuju bahwa penerapan SPM di madrasah mereka berjalan dengan baik dan secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Selain itu, 71% responden menyetujui bahwa inovasi dalam metode pengajaran, seperti penggunaan teknologi, berpengaruh positif terhadap hasil belajar santri. Implementasi SPM juga ditemukan berfungsi sebagai mediasi yang memperkuat hubungan antara strategi kepala madrasah dengan peningkatan mutu pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala MDTA yang mampu menerapkan strategi manajerial yang baik dan mematuhi SPM akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan berkualitas.

Keywords


Strategi Kepala Madrasah, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Mutu Pembelajaran, Sequential Exploratory Design

Full Text:

PDF

References


Achmad Karimulah, & Nur Ittihadatul Ummah. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.74

Aghera, A., Emery, M., Bounds, R., Bush, C., Brent Stansfield, R., Gillett, B., & Santen, S. A. (2018). A randomized trial of SMART goal enhanced debriefing after simulation to promote educational actions. Western Journal of Emergency Medicine, 19(1), 112–120. https://doi.org/10.5811/westjem.2017.11.36524

Akmaluddin, & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v5i2

Amanah, S., Munawaroh, M., & Fatihah, I. (2022). Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Memotivasi Masyarakat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon. JIEM: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 162 – 172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/jiem.v6i2.11849

Amin, N. S., Darda, A., Wijayanti, N., & Isyana, A. Y. (2023). Analisis Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan Losari Brebes. Journal Sustainable, 6(1), 208–211. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i2.1382

Baidowi, A. (2024). Strategi Implementasi Visi dan Misi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. AL - MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 2024. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4448

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 351–370. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Basid, A. (2015). Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Perspektif Standar Pelayanan Minimal Di Kabupaten Cirebon. Jurnal PENAMAS, 28(3), 351–532.

Budairi, A. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik Di Madrasah Dniyah Al- Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Pendidikan Islam, 11(1), 1287–1304. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427

Faizatun, & Mufid, F. (2020). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pati). QUALITY, 8(2), 241–268. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097

Fauzi, M. A., Mutohar, P. M., & Harsoyo, R. (2023). Implementasi Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Nganjuk. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.130

Ginanjar, M. H., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 103–1017. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693

Hadi, M. J. (2022). Peran Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidkan Agama Islam Masyarakat Transmigrasi Di Kabupaten Bengkayang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hutauruk, M., Hutapea, E., Indrawati, N., Solin, N., & Susianti. (2022). Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dalam Peningkatan Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan di Sekolah SMP Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 196–203. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12664

Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Communnity Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6

Jöreskog, K. G., & Sörbom, D. (2006). LISREL 8.80 Student Edition. Scientific Software International Inc.

Nurhanifah, N. (2024). The Leadership Role of The Visionary and Transformational School Principal at MIS Al-Husna YPIHN and MIS Miftahul Khaer. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 8(2), 130. https://doi.org/10.17977/um025v8i22024p130

Preacher, K. J. (2024). Interactive Mediation Tests. Vanderbilt University. https://quantpsy.org/sobel/sobel.htm

Rahmawati, R., Nurzaima, N., & Nasir, N. (2019). Pengembangan Profesi Berkelanjutan Guru SMA Negeri Kota Kendari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 132–146. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.2894

Riwanda, A., Mukhammad Zamzami, & Abdullah Hosseinieskandian. (2023). Exploring the Esoteric Dimension of Islamic Education Through Khidmah Students’ Motivation. Penamas, 36(2), 217–231. https://doi.org/10.31330/penamas.v36i2.652

Rizki, A. N. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Insentif, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2977–2985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6092

Rosnita, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Washliyah Di Kabupaten Batu Bara. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 42(2), 459. https://doi.org/10.30821/miqot.v42i2.578

Saadah, A., Sulaksono, M. E., Suhardi, Farid, D., Suryana, Munthoi, & Gunawan, A. E. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Dirjen PD Pontren Kementerian Agama RI.

Saadah, A., Sulaksono, M. E., Suhardi, & Suryana. (2022). Standar Pelayanan Minimal (SPM) Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Kemenag RI, Dirjen PD Pontren.

Saputra, R. S. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Unggulan Pada Era Pandemi Coronavirus Desease (COVID) 19 Di Madrash Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Sari, R. I., Wahyudi, W., & Radiana, U. (2022). Implementing Good School Governance in Building School Culture With Character At Man 2 Pontianak. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 273–288. https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.11118

Setiawan, I., & Asrowi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah Di Masa Pendemi Covid-19 (Penelitian Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Khaeriyah Kopo Serang-Banten). E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 2(1), 41–68. https://doi.org/10.55171/jaa.v2i1.600

Siagian, N. (2016). Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Perspektif Standar Pelayanan Minimal di Kota Tangerang Selatan. PENAMAS : Jurnal Penelitian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 29(3), 433–452. https://penamas.kemenag.go.id/index.php/penamas/article/view/42/39

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Dengan 9 Desain (Cet. 2). Penerbit Alfabeta.

Umabiinatun, U. (2023). Coaching and Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) pada Muatan Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 147–156. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.573

Zahra Rosyiddin, A. A., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44–53. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679

Zamilah, U., & Yusiyaka, R. A. (2022). Penerapan Prinsip Andragogi Dalam Pelatihan Tata Rias Ibu Rumah Tangga Di Bukit Mekar Wangi. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 323. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7805

Zein, N. (2023). Problematika Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Furqan Kandis. Instructional Development Journal (IDJ), 6(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.23301




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats