Strategi Pembelajaran PAI tentang Pernikahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Pendidikan Seks

Ramadhan Fatur Rahman Novyandi, Wawan Hermawan, Achmad Faqihuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa tentang pernikahan dan seks bebas dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) serta mengeksplorasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengintegrasikan pendidikan seks dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini melibatkan dua orang guru PAI dan enam siswa kelas XII dari salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang pernikahan didasarkan pada nilai-nilai agama, tanggung jawab spiritual, dan komitmen jangka panjang, sementara seks bebas dipandang sebagai risiko moral, sosial, dan kesehatan. Guru PAI memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman ini melalui penggunaan pendekatan kreatif seperti Problem-Based Learning (PBL) dan teknologi.


Keywords


Strategi Pembelajaran; Pernikahan; Pendidikan Seks

Full Text:

PDF

References


Alfikro, A., Putratama, B., Asefi, H. R., Ferdian, M., Fitriah, N., & Drestisianti, A. (2024). Pola Penanaman Nilai Agamis Anak dalam Pencegahan Tindakan Kriminalitas Berbasis Bisa ( Beriman , Intelektual , Sehat dan Aktif ) ( Studi Pengabdian pada Anak-anak Desa Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal ) Patterns Of Instilling Children ’ s Religi. 4.

Andi Tenri Ampa, N. (2020). A new decade for social changes. Technium Social Sciences Journal, 6(December), 101–105.

Atikah Salma Hidayati, Fauzan Huda Perdana, Ilma Hasanah, Muhamad Azhar Ibrahim, Achmad Faqihuddin, & Syahidin Syahidin. (2024). Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Al-Zarnuji serta Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 149–163. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.888

Bahram, M. (2023). Tantangan Hukum Dan Etika (Rekayasa Sosial Terhadap Kebebasan Berpendapat Di Dunia Digital). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5092–5109. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1895

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Farid, A. (2015). Model Bimbingan Konseling Islam Anwar Sutoyo Dalam Mengatasi Kenakala Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 3.

Hermawan, W., Nugraha, R. H., & Faqihuddin, A. (2024). Studi Islam Kaaffah: Studi Islam Komprehensif-Integratif. Bandung: UPI Press. Diambil Dari Https://Www. Researchgate. Net/Publication/379248256.

Idayanti, E., & Natalia, L. (2022). Abstinence-Only Sex Education: A Missing Yet Crucial Topic in Digital Media. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICOSHIP 2021), 645(Icoship 2021), 77–81. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220207.013

Izzah, N., Djangi, M. J., & Mansur. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at the Right Level untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan, 5(3), 1000–1008. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrjZoKsH0JmGJMUk.ZXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1716819117/RO=10/RU=http%3A%2F%2Fwww.ejournal-jp3.com%2Findex.php%2FPendidikan%2Farticle%2Fview%2F836/RK=2/RS=i7ieWt6Gg7n.J94F3SQJ9eRffPQ-

Karolina, A. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukan Karakter: Dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.2841

Kistoro, H. C. A., Latipah, E., & Burhan, N. M. (2023). Probing Experiential Learning Approach in Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 157–168. https://doi.org/10.15575/jpi.v9i2.24374

Kurnia, L., & Edwar, A. (2021). Pengaruh Negatif di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 291–308. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.22183

Lameiras-Fernández, M., Martínez-Román, R., Carrera-Fernández, M. V., & Rodríguez-Castro, Y. (2021). Sex education in the spotlight: What is working? systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 18, Issue 5). https://doi.org/10.3390/ijerph18052555

Maddussila, S. A. (2019). Criminal Code Bill Article 414 and Sex Education in Indonesia. Jurnal Hukum Dan Peradilan, 8(3), 407. https://doi.org/10.25216/jhp.8.3.2019.407-419

Mansir, F. (2022). Tantangan Dan Ancaman Anak Indonesia: Potret Pendidikan Nasional Era Digital. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 387–399. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9990

Maria, A., & Kurniawan, M. P. (2023). Pendekatan Etnopedagogik Dalam Pendidikan Agama Islam ( Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam ). Jurnal Masagi, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.588

Ni’am, S. (2023). Islam, Moderation, and Prospects Indonesian Islamic Education for the World. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-044-2_17

Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim . Di era digital yang semakin berkembang pesat , pengembangan metode pembelajaran P. An Najah Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 02(05), 1–9.

Polem, M., Saputri, S. N., Nupus, D., Rochman, C., Karman, K., & Nursobah, A. (2023). The Analysis of Difficulties in Implementing Learning Models in Islamic Education Teachers. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 22(2), 179. https://doi.org/10.29300/attalim.v22i2.2538

Putra., P. H. P. A. (2024). Penguatan Karakter Era Digitalisasi Perbatasan Indonesia-Malaysia.

Putra, P. H., & Erniyati, Y. (2022). Sex Education in Islamic Education Perspective. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 7(2), 261. https://doi.org/10.29240/ajis.v7i2.4128

Rakhmaniar, A. (2023). Analisis Naratif tentang Pengalaman Komunikasi Interpersonal pada Pasangan Muda. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(1), 124–142. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i1.3719

Rodiyah, S. K. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 1(1), 109–128. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.1098

Rohana, N. A. M., Surtahman, A. W., Saja, I., & Mazlan, N. A. (2023). Multimedia Technology in Education: Islamic Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(9), 504 – 514. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v13-i9/18413

Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48

Shahzad, M., Nadeem, M. A., & Waraich, H. (2020). E-10 A study on Educating through Media in Islamic Education Perspective in Higher Education in Pakistan. Al-Aijaz Research Journal of Islamic Studies & Humanities, 4(1), 105–120. https://doi.org/10.53575/e10.v4.01.105-120

Syafrizal, S., & Wirdati, W. (2024). Implementasi Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Alsys, 4(5), 535–546. https://doi.org/10.58578/alsys.v4i5.3602

Triono, A., Aflachah, S. I., Hidayah, N., Al-Qowim, M. I. I., & Radianti, A. (2023). Problem-based learning in Islamic Education subject to build students’ morals in online learning (pandemic experiences). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 28(1), 80–97. https://doi.org/10.24090/insania.v28i1.6922

Tsuda, S., Hartini, S., Hapsari, E. D., & Takada, S. (2017). Sex Education in Children and Adolescents with Disabilities in Yogyakarta, Indonesia from a Teachers’ Gender Perspective. Asia-Pacific Journal of Public Health, 29(4), 328–338. https://doi.org/10.1177/1010539517702716

Wardany, D. K. (2019). The Effect of Islamic Education Subject on the Development of Student Social Behavior. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.278

Yusuf, N., Widodo, Y., & Saekhoni, M. (2022). Dampak Bimbingan Perkawinan KUA terhadap Kehidupan Sakinah bagi Pengantin. Al-Mujtahid: Journal of Islamic Family Law, 2(2), 81. https://doi.org/10.30984/ajifl.v2i2.1954

Zulkarnain, A. (2020). Konsep Bimbingan Dan Konseling Pernikahan Keluarga Islami Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah (Studi Pada Lembaga Sekolah Sakinah-Forum Ta’aruf Padi Melati, Bantul Yogyakarta). 1–69.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v%25vi%25i.14255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats