Integrasi Pembiasaan dan Penyadaran dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMAIT Fithrah Insani
Abstract
Pembentukan karakter pada siswa sangat penting karena siswa akan tumbuh dewasa dan akan berperilaku sesuai dengan ajaran yang telah ditanamkan sejak dini oleh orangtua maupun guru serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan dan penyadaran dalam kegiatan keagamaan di SMAIT Fithrah Insani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa hasil penguatan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan yang dimplementasikan dalam penelitian ini diantaranya pembiasaan al-ma’tsurat pagi untuk mengaharapkan keridhaan dari Allah SWT, pembiasaan shalat dhuha untuk memperkuat sikap atau karakter perilaku seseorang, pembiasaan tadarus al-Qur’an untuk penguatan dalam pendidikan karakter pada program ini pun masih sama yaitu dengan pembiasaan, program hadits of the week untuk memotivasi siswa untuk semangat dalam menuntut ilmu dan program bina probadi islami untuk membangun pemahaman yang baik dan benar terhadap wawasan berkarakter dan berdampak kepada keimanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.
Ahsanulhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia 2 (1), 21-33.
Aningsih. (2022). Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1-5.
Difa Maulidya, A. S. (2023). Integrasi Pendekatan Pembiasaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Anak Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 6 (1), 66-76.
Febriyani, R. N. (2024). Pembiasaan Dzikir Al Ma’surat dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP Islam Terpadu Al Afif Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 470-478.
Goodman-Scott, E. H. (2018). “It takes a village”: A case study of positive behavioral interventions and supports implementation in an exemplary urban middle school. The Urban Review, 50(1), 97-122.
Herijanto, H. (2022). Al amanah in al qur’an vs trust: a comparative study. International Journal of Ethics and Systems, 38(4), 549-575.
Jamaluddin, A. B. (2022). Exploration of the Indonesian Makassar-Buginese Siri’ educational values: The foundation of character education. International Journal of Evaluation and Research in Education 11 (1), 10-19.
Kholis, N. (2017). Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui budaya sekolah. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 5(2), 47-65.
Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (2), 197.
Lase, F. &. (2022). Mendidik Peserta Didik Dengan Nilai Nilai Karakter Cerdas Jujur. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 190-206.
Licona, T. (1992). Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Lisnawati, S. (2016). The habituation of behavior as students’ character reinforcement in global era. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413-428.
Maisyanah, M. N. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15.
Marzuki, M. &. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 142-156.
Mistiningsih, C. &. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. MANAZHIM, 157-171.
Nasrudin, E. S. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11-19.
Nisa, H. (2016). Nilai-nilai ilahiyat dalam pendidikan sebagai syarat pembentukan kepribadian muslim. Jurnal Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam, 4(1), 13-26.
Nurasiah, I. S. (2022). Cultural values' integration in character development in elementary schools: The sukuraga as learning media. Frontiers in Education, 7(849218), 1-18.
Rachmadtullah, R. Y. (2020). The challenge of elementary school teachers to encounter superior generation in the 4.0 industrial revolution: Study literature. International Journal of Scientific & Technology Research 9 (4), 1879-1882.
Ridwan, M. A. (2017). Implementasi Shalat Tahajud dalam Pembentukan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Putri Roudhotul Qur’an Cukir Jombang. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(1), , 29-49.
Sapitri. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menegah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 31-48.
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3 (02), 249.
Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan 5 (1), 55-70.
Syarnubi, S. (2023). Hakikat Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal PAI Raden Fatah, 5 (2), 86-468.
Syarnubi, A. a. (2023). Curriculum Design for the Islamic Religious Education Study Program in the Era of the Industrial Revolution 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4).
Syukri, I. I. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (1), 17.
Wahid, A. A. (2022). Values of moral education in the story of hijrah prophet Muhammad SAW. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 75-88.
Widodo. (2018). AL-IMAN : Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2 (1), 17.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.