Pengembangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Yogyakarta

Nur Rahma Dhani, Muh Wasith Achadi

Abstract


Penelitian ini mengenai pengembangan kurikulum merdeka pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk menunjukan pengembangann kurikulum merdeka komponen tujuan, materi, metode, struktur organisasi kurikulum, evaluasi. Jenis penelitian ini adalh penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di MTsN 1 Yogyakarta pada pembelajaran SKI sudah melaksanakan kurikulum merdeka serta melakukan pengembangan kurikulum pada komponen tujuan, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka menggunakan capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan ketuntasan ketercapaian tujuan pembelajaran. Materi yang diberikan guru SKI dengan menganalisis bersama-sama guru MGMP dalam menemukan materi dari kurikulum sebelumnya dan kurikulum sekarang kemudian di kondisionalkan. Metode yang guru SKI MTsN 1 Yogyakarta gunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran, dan proyek. Evaluasi pembelajaran dengan assement formatif dan sumatif. Hambatan guru SKI dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu pada kesulitan mencari sumber daya materi pembelajaran yang harus menemukan materi-materi dari sumber terbaru dan waktu yang belum cukup untuk melakukan proyek dalam pembelajaran.


Keywords


Pengembangan, Kurikulum, Merdeka, SKI

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar Rifa’i. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Suka Press.

Aini, Q., Novidayanti., & Basith, A. (2023). TEKNIK DAN BENTUK EVALUASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 72. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23989

Anshori, M. R., & Alfin, A. R. (2024). STRATEGI MAKSIMALISASI METODE PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Al-Fath, 1(1), 4. https://alfath.stitnuokutimur.ac.id/index.php/alfath/article/download/7/9/51

Armai, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Ciputat Press.

Asnidar. (2022). METODE PEMBELAJARAN TARIKH (SEJARAH PERADABAN ISLAM) QUESTION STUDENT HAVE. JURNAL LITERASIOLOGI, 8(4), 13–14. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/389

Cholilah, Tatuwo, Putri, M., Gratia, Anggi, Komariah, Rosdiana, Prima, S., Noor, Achmad, & Fatirul. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 58–59. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/110

Dolong, M. J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. JIP Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 297–298. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3484

Fadillah, M., & Achadi, M. W. (2024). Analisis Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2650. https://ssed.or.id/contents/article/download/642/491/

Ikram, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar d i SMP Negeri 2 Parepare. Edium Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edium/article/download/6359/1630

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah, Pub. L. No. 347, 23 (2022). https://sikurma.kemenag.go.id/portal/Info/detail_artikel/QnFFYzhxSXh1cjFqZk4rYXBiRWc3QT09

Kusumastuti, A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3 Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press.

Mustafa, J. (2015). Manajemen pendidikan: Teori, Kebijakan dan Praktik. Kencana.

Nasution, A. G. J., Azzahra, A., Humairoh, A., Wirdayani, R., & Rianti, T. D. (2022). Metode Yang Menyenangkan dalam pembelajaran SKI di SD Al Azhar Medan. Maha Guru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 168. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/5008/2137

Nurhasanah, N., Azhari, A., Berutu, K., Putra, T. J., Hardinata, R., Hasibuan, & Nasution, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dikelas. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 257–270. https://ifrelresearch.org/index.php/jmpb-widyakarya/article/download/485/506

Ramdhani, M. A., & Isom, M. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Direktur KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI.

Riffriyanti, E. (2019). VARIASI METODE PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTS MIFTAHUL ULUM WEDING BONANG DEMAK. Al-Fikri Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 5. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/5146/3239

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Alifah, A. N., Pratiwi, K., Fitriani, G., Huda, N., Ramadhani, S., & Nurnikmah, U. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendiikan Tambusai, 8(1), 3048–3054. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12840/9856

Rubiyanto, R. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Qinant.

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BATANG. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 129. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/31591

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 150–151. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10843

Sari, N. Y., Sinaga, D., & Nainggolan, J. (2024). PERKEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2202. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/25281/17905/82887

Sopiansyah, D. (2022). Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jurnal (Reslaj) Religion Education Social Laa Roiba, 4(1), 34–41. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458

Thohah, C. (1999). Metodelogi Pengajaran Agama. Pustaka Pelajar.

Tuerah, R. M. S., & Jeanne M. Tuerah. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 982. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/6937/4365/

Ubabuddin. (2019). HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Edukatif, 5(1), 22–23. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/download/53/47/

Yatim, B. (2003). Sejarah Kebudayaan Islam. PT. Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats