Tipologi dan Model Pengembangan Pesantren Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif tentang tipologi dan model pengembangan pesantren lanjutan bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis fenomena, aktivitas sosial, persepsi, dan pemikiran orang, baik secara individual maupun kelompok. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pesantren lanjutan bagi mahasiswa terbagi menjadi tiga tipologi, yaitu nomenklatur Pesantren Mahasiswa berupa pemondokan ekstra kampus, Ma’had Al-Jamiah perupa pemondokan intra-kampus dan Ma’had Aly berupa pemondokan reguler-formal. Masing-masing pesantren tersebut memiliki corak pengembangan dan standarisasi dalam upaya mengukur kualitas pendidikannya. Model pengembangan pendidikan pesantren mahasiswa dapat dilihat dari tiga aspek yaitu rekognisi pendidikan pesantren, konstruksi kurikulum pesantren mahasiswa, serta peningkatan kemampuan bahasa asing. Adapun standarisasi kualitas pesantren mahasiswa terlihat pada aspek sumber daya manusia, manajemen pengelolaan pesantren, dan dukungan fasilitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Qomar, Mujamil. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Cakrawala Islam.
Bagian Proyek Peningkatan Ma’had ‘Aly. (2004). Naskah Kurikulum Ma’had ‘Aly. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.
Fatmawati, Erma. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa: Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. Yogyakarta: LkiS
Saleh, Syukri. dkk. (2023). Bunga Rampai Administrasi & Supervisi Pendidikan Islam. Jambi: Salim Media Indonesia.
Madyansyah, Muhammad Marjan. Lulusan Ma'had Aly Berpeluang Ikut Seleksi CPNS https://www.kemenag.go.id/nasional/lulusan-ma-had-aly-berpeluang-ikut-seleksi-cpns-CExNI. Diakses 30 Juni 2024
Bruinessen, M. V. (1999). Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat. Bandung: Penerbit Mizan.
Bruinessen, M. V. (2008). Traditionalist and Islamist Pesantren in Contemporary Indonesia in The Madrasa in Asia. Amsterdam: Amsterdam University Press, http://DOI:10.1017/9789048501380.009
Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina & Dian Rakyat.
Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Purnama, T.S. (2021). Wajah Pesantren Indonesia: Catatan Jurnalistik 40 Pondok Pesantren. Lebak: Zamzam Global Utama
Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kiayi dan visinya mengenai masa depan Indonesia, Jakarta: LP3ES
Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Karni, Asrori S. (2009). Etos Studi Kaum Santri, Wajah Baru Pendidikan Islam. (Bandung: PT Mizan Pustaka.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. (2005). Manajemen Pesantren: Pengalaman Pondok Modern Gontor, Ponorogo: Trimurti Press.
Hariyono, P. (2008). Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Semarang: Mutiara Wacana.
Hanafi, Muchlis M. (2011). Problematika Terjemahan Al-Quran: Studi pada Beberapa Penerbitan Al-Quran dan Kasus Kontemporer. Suhuf. Vol. 4, No. 2. https://doi.org/10.22548/shf.v4i2.53
Amir & Fauzan, (2021). Manajemen Sumber Daya Insani Ala Pesantren Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi Esai-esai Pesantren, Yogjakarta, LKiS.
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.