Peran Kepala Sekolah dalam Mengoptimalisasikan Branding Sekolah melalui Ekstrakulikuler pada SMKN 3 Medan

Chandra Winata, Muhammad Fadhli

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Ekstrakurikuler seakan menjadi brand image bagi sekolah yang akan meningkatkan bargaining price kepada calon peminatnya. oleh karena itu Sekolah yang mampu menjadi juara dialah yang akan mendapatkan kepercayaan lebih banyak dari masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran kepala sekolah dalam pengelolaan serta pengembangan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya meningkatkan branding SMKN 3 Medan. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran strategis dalam menciptakan sinergi antara visi sekolah, pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun citra positif sekolah di masyarakat.

Keywords


Ekstrakurikuler, Branding, Kepala Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Ayunisa, L. N., & Sholeh, M. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Formal Dalam Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10, 59–72.

Azizah, Y. (2023). Strategi Branding Sekolah dalam Meningkatkan Awereness Masyarakat. 6(2), 250–257.

Azizah, Y. A., & Budiyono, A. (2023). Implementasi branding sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1), 132-141

Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6, 26.

Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi Branding Sekolah dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3568–3576. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2074

Di, E., Dasar, S., Febriyani, H., & Hasanah, E. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pentingnya Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kegiatan. 5(5), 2031– 2038.

Ema Kusuma Wardani. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan School Branding Di Smp Islam Al-Azhar 29 Bsb Semarang Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Sebagaian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam.

Fanisyah, E., Matin, & Rahmawati, D. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan Melalui Strategi Branding di SMP Islam Al Falaah Tangerang Selatan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 9–23. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.26870

Fitriningsih, D., & Mukhibat. (2023). Strategi Branding ImageDalam Meningkatkan Daya Saing PendidikanDi Sman 1 Badegan. Journal of Islamic Education Management, 02, 14–25. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial%7C14

Janah, M. (2024). Strategi Branding Sekolah Para Juara di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur Sleman (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887

Lidan, A., Syahputra, A., Ahmad Dai Robby, S. P., Hidayat, M., Al-Adawiyah, R., Nur, R., ... & Nasution, S. (2023). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. umsu press.

Maharani, W. M. (2024). Strategi Penguatan Branding Sekolah Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan untuk meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMP Negeri 1 Praya Tengah Lombok Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Maharani, W. M. (2024). Strategi Penguatan Branding Sekolah Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan untuk meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMP Negeri 1 Praya Tengah Lombok Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Mukhlisin, A., Hartinah, S., & Sudibyo, H. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(1), 545-553

Nokman, R. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Daya Saing Pendidikan Di Smp Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Nokman, R. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Daya Saing Pendidikan Di Smp Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Noor Yanti. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang

Nurafiati, S., Rahayu, T., & Pramono, H. H. (2022). Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Vol. 1). Zahira Media Publisher.

Rizkiyah, R., Istikomah, I., & Nurdyansyah, N. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to Improve the Competitiveness of Islamic Education Institutions. Proceedings of The ICECRS, 7, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020366

Rosyadi, I., Widyaningsih, R. A., & Uzliva, C. A. (2023). Perilaku Profesionalisme Kepala Sekolah. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 13-28.

Sasmito, S., & Kewarganegaraan, P. (2021). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler : SEBUAH. 2(November), 524–533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650

Velayati, O., Maisyaroh, M., Sultoni, S., & Sumarsono, R. B. (2024). Kemitraan Sekolah dan Orang Tua dalam Mewujudkan Karakter Peserta Didik Unggul di SD Laboratorium UM. Proceedings Series of Educational Studies, 43-59.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats