TANTANGAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI ERA GLOBALISASI

M Djawad Dahlan

Abstract


Kini kita berada dalam percaturan global yang sarat dengan muatan perubahan cepat_ dan sekaligus mengandung persaingan yang semakin ketal. Kondisi ini menuntut kita agar mem111ki keunggulan kompetitif Tuntutan tersebut didorang oleh kemajuan teknologiyangmenyebabkan meningkatnya kebutuhandan keinginan.

Dunia sekarang maldn kecii_ sedang ketergantungan antar bangsa ma.ldn besar, yang menuntut kita untuk mengubah s1kap terhadap duma ini. Saling pengertian dan saling penghormatan diantara anggota keluarga, antar tetangga,suku/  antar bangsa dan antar budaya makin meminta keluarga untuk menyiapkan anaknya hidup di alam yang lebih luas, mampu bertahan hidup, istiqamah sehingga tidak diseret oleh gelombang globalisasi. Keluarga seyo!Jlanya mampu memanfaatkan gelombang globalisasi untuk  membina  anak bangsa, yang mampumenguasaiilmupengetahuan dan teknologi.

Di era seperti ini keluarga seyogianya  dapat menjadi raksasa peredam kejutan dalam masyarakat. Keluarga seyo!Jlimya mampu menyiapkan anak yang menunjang ke!Jlafan layanan pendidikan di sekolah.


Keywords


pendidikan



DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v1i1.1967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.