Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits

Ranu Nada Irfani

Abstract


Posisi Islam sebagai sebuah sistem kehidupan sangat diperlukan untuk mengembangkan gagasan baru yang lebih menghargai keberadaan manusia. Sehingga sudah menjadi kewajiban muslim untuk menggali dan mengkaji teori-teori modern yang sebenarnya telah ada dalam al-Quran dan Hadits, atau paling tidak menemukan padanannya. Sehingga dapat disandingkan antara konsep-konsep barat dan konsep-konsep yang berbasis al-Quran dan Hadits. Artikel ini akan mencoba memformulasi pengertian belajar dalam perspektif Islam, mengkaji teori-teori belajar dalam perspektif psikologi dan Islam, serta mencari padanan teori-teori belajar tersebut di dalam al-Quran dan Hadits. Jika aktivitas belajar identik dengan proses pencarian ilmu, maka di dalam al-Quran  setidaknya terdapat tiga kata yang memiliki arti yang identik dengan belajar maupun pengajaran yaitu tafaqquh fiddin, tarbiyah, dan al-‘ilm. Selain itu, di dalam al-Quran ataupun hadits juga terdapat ayat-ayat atau sabda Nabi yang jika dikaji secara lebih mendalam ternyata identik dengan teori-teori belajar yang telah dikenal seperti behavioristik, kognitif, dan humanistik.


Keywords


Formulasi, Teori Belajar, Al-Quran, Hadits.

Full Text:

PDF

References


Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. (1989). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (terj.). Depok: Gema Insani Press.

Daradjat, Zakiah. (2005). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Efferi, Adri. (2009). Materi Dan Pembelajaran Qur’an Hadist Mts-MA. Kudus: STAIN Kudus.

Goble, Frank G. (1997). Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. terj. A. Supratinya”, Yogyakarta: Kanisius.

Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani. (2015). Psikologi Pendidikan; Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahmud, Dimyati. (2009). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashori, Fuad. (1997). Psikologi Islami Agenda Menuju Aksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prawira, Purwa Atmaja. (2013). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: AR-RUZZ

Purwanto, M. Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Quthb, Sayyid. (2012). Fi Zhilalil-Qur an (terj). Depok: Gema Insani Press.

Sardiman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulistyorini. (2009). Evaluasi pendidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats