Family Role in Shaping Character Islam in Early Childhood Through Habituation Method
Abstract
Abstract
One of the indicators of success in educating children of Muslim families is if the characters are owned by the child, especially early childhood by the values of Islam. An educational method to be applied is habituation. The results of this research were 1) the factors that influence the formation of character early childhood can be categorized into four ways, namely: (a) the first educational environment, the family is represented by parents, (b) family life seen from various aspects, socioeconomic status, as well as family life philosophy, (c) family upbringing, and (d) the activities based on common religious parents by involving early childhood; and 2) habituation is done early childhood with parents can be categorized into 2, namely: (a) habituation greeting, such as greetings, and others; and (b) habituation is shown in deeds, such as: leaving the flurry of activity when he heard the call to prayer, and others.
Keywords: Family, Character Islami, Early Childhood, and Methods of Habituation.
Abstrak
Salah satu indikator keberhasilan keluarga muslim dalam mendidik anak adalah jika karakter yang dimiliki oleh anak sesuai dengan nila-nilai Islam. Metode pendidikan yang hendak diterapkan dengan metode pembiasaan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak usia dini dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) hal, yaitu: (a) lingkungan pendidikan yang pertama, yaitu keluarga yang diwakilkan oleh orang tua, (b) kehidupan keluarga yang dilihat dari berbagai aspek, baik status sosial ekonomi, filsafat hidup keluarga, maupun pola hidup keluarga, (c) pola asuh keluarga, dan (d) kegiatan-kegiatan yang berbasis keagamaan yang biasa dilakukan orang tua dengan melibatkan anak usia dini didalamnya; dan 2) Pembiasaan yang dilakukan anak usia dini bersama orang tua dapat dikategorikan menjadi 2 (dua), yaitu: (a) pembiasaan ucapan, seperti mengucapkan salam, dan lain-lain; dan (b) pembiasaan yang ditampilkan dalam perbuatan, seperti: meninggalkan segala aktivitas ketika mendengar adzan, dan lain-lain.
Kata Kunci: Keluarga, Karakter Islami, Anak Usia Dini, dan Metode Pembiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Pustaka Progressif.
An-Nawawi. (1994). Riyadhus Shalihin. Beirut: Daar al-Fikr.
Daradjat, Zakiah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daud Ali, Muhammad. (1998). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Faqih, Abdullah. Volume II/4069. Fatawa al-Syabakah al-Islamiyah al-Muaddalah.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi. Bandung: Alfabeta.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada AUD. Jakarta: Depdiknas.
Hasbullah. (2001). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Yuma Presindo, Surakarta.
Ihsan, Hamdani. (2003). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Khambali. (2016). “Konseptual Model Internalisasi Budaya Islami Pada Anak di Lingkungan Keluarga”. Jurnal Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 14. No. 1 Maret 2016, pp. 56.
Kutsianto. (2014). Pdf: Metode Pembiasaan Sebagai Media Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. (http://digilib.uin-suka.ac.id/13551/2/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf). Diakses pada 27-02-2016.
Majid, Abdul & Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maunah, Binti. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Moh Sholeh, Imam Musbikin. (2005). Agama Sebagai Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munardji. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu.
Najati, M. Utsman. (1993). Belajar EQ dan SQ dari Sunnah Nabi. Jakarta: Hikmah.
Nuryoto, S. (1993). “Kemandirian Remaja Ditinjau dari Tahap Perkembangan Jenis Kelamin dan Peran Jenis”. Journal Psikologi Tahun XX No. 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Purwanto, M. Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sensa, Muhamad Djarat. (2004). Quranic Quontient Kecerdasan-kecerdasan Bentukan Al-Qur’an. Jakarta: Hikmah.
Surachmad, Winarno. (2002). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Ulwan, Abdullah Nasih. (1992). Tarbiyatul Aulad fil Islam, Terj: Pendidikan Anak Menurut Islam. Bandung: Rosda Karya.
Zainuddin, et,al. (1991). Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.