Analisis Filosofis tentang Pendidikan Islam Sebagai Suatu Sistem

Suriadi ,

Abstract


Abstract

This article describes the philosophical analysis of education about Islam as a system, the style of an educational system seems to be influenced by the perspective of each community, group, or nation respectively. This viewpoint is closely related to the philosophical background and their worldview. Because after this life outlook reflects the identity that must be preserved and further developed and passed on to the younger generation of the people concerned. Of the opinion that it can be said, if the Islamic education as a system that has a component, then the style of Islamic education system must have been referring to the source of the teachings of Islam itself, i.e. the Qur'an and Hadith. On that basis, usually formulated a basic foundation of Islamic education, as well as the concept of Islamic education system that is desired. The educational elements include the following: the principle of education, educational, educational material, educational subject, the object of education, methods of education, media education, education evaluation, and environmental education.

 

Keywords: Analisis, Filosofis, Pendidikan Islam, Sistem

 

Abstrak

 

Artikel ini memaparkan tentang analisis filosofis pendidikan Islam sebagai suatu sistem, corak suatu sistem pendidikan tampaknya dipengaruhi oleh cara pandang dari setiap masyarakat, kelompok, atau bangsa masing-masing. Cara pandang ini erat kaitannya dengan latar belakang filsafat dan pandangan hidup mereka. Sebab bagaimanapun pandangan hidup ini mencerminkan jati diri yang harus dipertahankan serta dikembangkan dan selanjutnya diwariskan kepada generasi muda masyarakat bersangkutan. Dari pendapat itu dapat dikatakan, jika pendidikan Islam sebagai suatu sistem yang memiliki komponen, maka corak  sistem pendidikan Islam tentulah mengacu kepada sumber ajaran Islam itu sendiri, yaitu Al-Qur’an dan Hadits. Atas dasar itulah, biasanya dirumuskan landasan dasar pendidikan Islam, konsep serta sistem pendidikan Islam yang dikehendaki. Unsur-unsur pendidikan tersebut antara lain adalah sebagai berikut: asas pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, subjek pendidikan, objek pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, evaluasi pendidikan, dan lingkungan pendidikan.

 

Kata kunci: Analysis, Philosophy, Education, Islam, Systems.


Full Text:

PDF

References


Abdulah, Abdurrahman Saleh. (1982). Educational Theory; a Quranic Outlook, Mekkah: Umm al-Qura University.

Barnadib, Imam. (1990). Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Andi Offset.

Buchori, Mochtar. (1994). Pendidikan dalam Pembangunan, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey. (1993). Teori-Teori Psikodinamik (Klinis), Yogyakarta: Kanisius

Djumhana Bastaman, Hanna. (1995). Integrasi Psikologi dengan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hambali, Adang. (TT). Pendidikan Kesalehan Transformatif Gagasan Pengembangan Epistimologi dalam Pendidikan Islam, Bandung: CV. Insan Mandiri.

Karni Nisjar dan Winardi. (1997). Teori Sistem daan Pendekatan Sistem dalam Bidang Manajemen, Bandung: Mandar Maju.

M. Amirin, Tatang. (1996). Pokok-pokok Teori Sistem, (Jakarta: PT Rajawali Pers.

Muhaimin, Abdul Mujib. (1993) Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya.

Muhammad al-Taumiy al-Syaibaniy. (1979). Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang. 1979).

Muhdjir, Noeng. (1892). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial; Suatu Teori Pendidikan, Yogyakarta: Rake.

Pidarta, Made. (2002). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sudjana, Anas. (1997). Pengantar Administrasi Pendidikan Sebagai Suatu Sistem, Bandung: Rosda Karya.

Supiana. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan, (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI.

Tatang Saripudin, Tatang. (2008). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats