AKTUALISASI NILAI–NILAI KEMANDIRIAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA

Yusutria Yusutria, Rina Febriana

Abstract


Abstract

Islamic boarding schools teach students their self-reliance values, which can shape their personalities in being independent so that they are in accordance with one of the goals of Indonesian education, which is to become independent human beings. For this reason, it is necessary to study the actualization in shaping the character of the independence of their students. This research is field research using a descriptive qualitative approach. The source of data comes from the primary and secondary as well as collecting data through observation, interviews, and documentation. The results of his research can be seen from the factors of awareness, regulation, and habits of being a supporter in shaping independent character, while age and psychology become obstacles in shaping independence in students. The ability to manage finances, time, social life is a reflection of the impact of positive values in the actualization of independence in the independent character of students.

 

Keywords: Actualization; Independence; Character.

 

Abstrak

Pondok pesantren mengajarkan kepada siswanya nilai-nilai kemandirian, yang dapat membentuk kepribadiannya dalam bersikap mandiri, sehinga sesuai dengan salah satu tujuan pendidikan Indonesia yaitu menjadi insan mandiri. Untuk itu dibutuhkan perlu dikaji tentang aktualisasinya dalam membentuk karakter kemandirian siswanya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data bersumber dari primer dan skunder serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya dapat dilihat dari faktor kesadaran, suritauladan dan kebiasaan menjadi pendukung dalam membentuk karakter mandiri, sementara usia dan spikologi menjadi penghambat dalam membentuk kemandirian dalam diri siswa. Adanya kemampuan dalam mengelola keuangan, waktu, hidup sosial merupakan cerminan akan adanya dampak nilai positif dalam aktualisasi kemandirian dalam karakter mandiri siswa.

 

Kata Kunci: Aktualisasi; Kemandirian; Karakter.


Full Text:

PDF

References


A’la, Abd. (2006). Pembaharuan Pesantren. Yoqyakarta: Pustaka Pesantren.

Arfiah, Sri. (2017). Penguatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Perkuliahan Kepramukaan Dalam Upaya Mempersiapkan Mahasiswa PPKN Sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 27, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyanto, Mangun & Machali, Imam. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yoqyakarta. Jurnal Pendidikan karakter, Tahun IV, Nomor 2.

Damayanti, Deni. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yoqyakarta: Araska.

Depdiknas. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Haedari, Amin. (2004). Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.

Hidaytullah, Muhammad Furqon. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Japar, M. (2018). Pembentukan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan OSIS di Sekolah Menengah Atas. JPIS. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 28, No. 1.

Kartono, Kartini. (1990). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Kasiram. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press.

Kurniawan, Asep. (2015). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi. Vol. 4, No. 2.

Madjid, Nurcholish. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potrek Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Masyhud, M. Sulthon & Khusnurdilo. (2004). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Moleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhdar, Zuhdy. (1989). KH. Ali Ma’shum Perjuangan dan Pemikirannya. Yoqyakarta: Tnp.

Nata, Abuddin. (2010). Akhlak Tasawuf. Jakarta:Rajawali Press.

NI, Lutviyanti. (2013). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kemandirian Anak di Pondok Asih Sesami Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. Jurnal FKIP. Vol. 3, Nomor 2.

Parker, Deborah. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaray.

Qomar, Mujamil. (2005). Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi. Jakarta: Erlangga.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, Etta Mamang. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Penelitian, Yoqyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Jakarta: Alfabeta.

Syarbini, Amirullah. (2012). Buku Pintar Pendidikan karakter: Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: as@-Prima.

Undang-undang SISDIKNAS RI, Nomor 20 Tahun 2003.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Usia Dini). Yoqyakarta: Pustaka Belajar.

Yusutria. (2013). Persepsi Santri Terhadap Kemandirian Dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Thawalib Padang. Jurnal Menara Ilmu. Vol. IX. No. 42.

Yusutria. (2014). KH. Imam Zarkasyi Dalam Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jurnal Menara Ilmu. Vol. VIII. No. 42.

Yusutria. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol VII, No. 2.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. (1998). Langkah Pengembangan Pesantren. Yoqyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats