IMPLEMENTASI KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Abstract
Abstract
The spiritual attitude competence, which is developed and applied on the subject of Islamic Education, has great influences on the changes and developments of spiritual attitudes among students, the attitudes expected likely to happen after they learn the material subjects, taught by their teacher, with various components stated in the content standard of Curriculum 2013. The components are: 1) integration in the instructional activity, 2) prayer before and after the instructional activity in the classroom, 3) good manners in the speaking behaving, 4) wearing heat and respectful dress, 5) greeting when entering the classroom, 6) implementing the service of the religion, 7) thank god for comforts acquired, 8) respecting differences, 9) helpfulness among peers and 10) standing in line when using school facilities.
Keywords: Spiritual Attitude Competencies; 2013 Curriculum.
Abstrak
Kompetensi sikap spiritual yang dikembangkan dan diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan dan peningkatan tingkah laku di kalangan peserta didik. Tingkah laku yang diharapkan tersebut memungkinkan terjadi setelah mereka mempelajari bahan ajar yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan dengan berbagai komponen yang tercantum dalam Standar Isi Kurikulum 2013. Komponen-komponen tersebut diantaranya: 1) integrasi dalam kegiatan pembelajaran, 2) berdoa saat memulai dan mengakhiri kegiatan, 3) santun dalam berbicara dan berperilaku, 4) berpakaian yang rapi dan sopan, 5) mengucapkan salam saat masuk ke dalam kelas, 6) melaksanakan ibadah, 7) mensyukuri nikmat yang diperoleh, 8) menghormati perbedaan, 9) sikap saling menolong diantara sesama dan 10) antri saat memakai fasilitas sekolah ataupun madrasah.
Kata Kunci: Kompetensi Sikap Spiritual; Kurikulum 2013.
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Majid. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Afifuddin, ddk. (2004). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.
AM, Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anas, Salahudin. (2010). Bimbingan & Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Hasan, Basri. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbiyallah. (2017). Pembelajaran Spiritual Pada Aspek Moderat. Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta. Volume 6. Hal 49.
Ibnu, Hajar. (2013.) Panduan Kurikulum Tematik. DIVA Press: Jogjakarta.
Muhaimin. (2011). Manajemen Pendidikan Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.
Muzayyin, Arifin. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uhar, Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Yunus, Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.