THE ROLE OF LEADERS IN INCREASING MOTIVATION TEACHER WORK IN PONDOK PESANTREN

Mohamad Muspawi

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin di pondok pesantren As’ad Kota Jambi dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Target penelitian adalah untuk mengetahui: 1). Peran pemimpin dalam meningkatkan motivasi kerja guru, 2). Kendala pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja guru, dan bagaimana cara mengatasinya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yakni menguraikan temuan penelitian secara naratif dan apa adanya. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik obervasi, dokumentasi, dan wawancara. Mengecek validitas data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, dan audit trail. Alisis data dilakukan dengan penelaahan dan reduksi data, unitisasi data, kategorisasi data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, peran pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja guru adalah meliputi pemberikan reward dan punishment, ajakan kepada guru untuk bekerja secara ikhlas, peningkatan fasilitas kerja, serta menjaga kedekatan dengan para guru. Kedua, kendala pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja guru meliputi; 1) kekurangan dana, diatasi dengan memberikan pemahaman kepada para guru agar sama-sama memaklumi akan keterbatasan keuangan, dan berupaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok yang terjangkau dengan keuangan yang ada. 2) Keberagaman keinginan para guru, diatasi dengan memenuhi kebutuhan yang terjangkau saja, dengan harapan para guru bisa menerima keadaan yang ada.

 

Kata Kunci: Pemimpin; Motivasi Kerja Guru; Pondok Pesantren.

 

Abstrak

 

This study aims to determine the role of leaders in Islamic boarding schools As'ad Jambi City in increasing teacher work motivation. The research target is to find out: 1). The role of leaders in increasing teacher work motivation, 2). Leadership constraints in increasing teacher work motivation, and how to overcome them. The method used is a qualitative method, which describes the research findings in a narrative and straightforward manner. Data collection was carried out by observation, documentation, and interview techniques. Checking the validity of the data is done by observing persistence, triangulation, member checks, and audit trail. Data analysis was carried out by analyzing and reducing data, unitizing data, categorizing data, and interpreting data. The results showed that; First, the role of leaders in increasing teacher work motivation includes giving rewards and punishments, inviting teachers to work sincerely, improving work facilities, and maintaining closeness to teachers. Second, the constraints of the leadership in increasing teacher work motivation include; 1) lack of funds, is overcome by providing an understanding to teachers so that they are equally understanding of financial limitations, and strive to meet basic needs that are affordable with existing finances. 2) The diversity of the wishes of the teachers, is overcome by meeting only affordable needs, in the hope that the teachers can accept the existing situation.

 

Keywords: Leader; Teacher Work Motivation; Islamic boarding school.

 



Full Text:

PDF

References


Achua, C. F., & Luissier, Robert N. (2010). Effective Leadership. Ed.4. Canada: Cengage.

Alfianis. (2014). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru dalam mengajar di sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1).

Thoonen, Erik. (2011). How to improve teaching practices: The role of teacher motivation, organizational factors, and leadership practices. SAGE Journal, 47(3).

Ivancevich, J. M., & Robert, K. (2013). Human Resource Management, 20th eds. USA: Mc Graw Hill.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Alfabeta. Bandung.

Maduratna, Munika. (2013). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru Dan Pegawai Di Sekolah Dasar Negeri 015 Samarinda. E-Journal Administrasi Negara, 2013, 1 (1): 70-84 ISSN 0000-0000, ejournal.an.fisip-unmul.org

Manullang, M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusydi. (2014). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada MIN Beureunuen Kabupaten Pidie.Tesis. Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3949

Siagian, S. P. (2009). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.

Simarmata, R. H. (2014). Upaya peningkatan motivasi kerja guru sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1).

Suhendar, dkk. (2017). Analisis pengaruh kepemimpinan kyai, budaya pesantren, dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan pesantren di Provinsi Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan UNNES, 34(2).

Setyati, S. (2012). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 22(2).

Sutikno, S. (2012). Manajemen pendidikan. Lombok: Holistica.

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Usman, H., dkk. (2009). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H., dkk. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dalam Meningkatkan Personil Kinerja di Islam Tradisional Sekolah Papan. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(2).

Wahjosumidjo.(2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardani, Ayu, dkk. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi di SMA N 12 Semarang). Unnes Civic Education Journal 2 (2): 8-15. ISSN: 2252-6293: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej

Yoqid, Muhammad. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 4 (2) 2016 : 24 - 35 ISSN 0000-0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.5932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats