THE THOUGHT OF MUSLIM STUDENTS OF JAMBI UNIVERSITY IN RELATIONSHIP TO THE LIFE OF THE NATION AND THE STATE

Supian Supian, K. A. Rahman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui corak pemikiran mahasiswa aktif Universitas Jambi dengan mengajukan 16 pertanyaan atau pernyataan yang berhubungan dengan pemahaman keislaman dan hubungannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Jumlah sampel atau responden 2012 orang, yang berarti hampir 10 % dari sekitar 24.100 mahasiswa Muslim aktif yang ada di Universitas Jambi, melalui siakad Universitas Jambi (online). Berdasarkan jenis kelamin terdiri dari 970 orang responden laki-laki (48,21%) dan 1.043 orang responden perempuan (51,84 %). Responden mewakili setiap prodi dan Fakultas yang ada di Universitas Jambi yang telah menyempatkan diri untuk mengisi kuesioner tersebut, ini merupakan bentuk simple random sampling, yakni teknik pengambilan sampel dari anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Secara umum dari 16 pertanyaan tersebut tergambar bahwa mayoritas mahasiswa masih berada pada koridor yang sesuai dengan masyarakat Islam Indonesia pada umumnya, mahasiswa yang berpikir moderat berkisar antara 75-85 %, sedangkan yang masih berada di garis abu-abu atau berada pada jawaban keraguan berkisar antara 7-12 %, dan yang konsisten jawabannya pada garis yang radikal berkisar antara 0-3 %. Temuan ini terjadi pada 15 pertanyaan. Tetapi pada satu pertanyaan atau pernyataan yang berhubungan dengan pelarangan HTI ada peningkatan prosentase dari pemahaman yang berlawanan dengan pemahaman yang moderat. Hal ini menunjukkan adanya intensitas, pemahaman dan propaganda yang banyak berkembang dan difahami oleh mahasiswa sehingga pemahamannya cenderung lebih besar kepada tidak setuju terhadap pelarangan HTI (10,19 %).

 

Kata Kunci: Corak Pemikiran; Mahasiswa Muslim; Moderat; Radikal.


Full Text:

PDF

References


Ahmad M, Ramli. 2004. Cyber Law dan Haki dalam Sistem Hukum Di Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Asghar Ali Engineer. 2004. Islam Masa Kini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azyumardi Azra. 2002. “Kelompok “Sempalan” di Kalangan Mahasiswa PTU: Anatomi Sosio-Historis”, dalam Fuaduddin & Cik Hasan Basri, Editor. 2002. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Ciputat: Logos.

Didin Syafruddin dan Ismatu Rofi, (Ed). 2018. Gen Z: Kegalauan Identitas Keagamaan. Jakarta: PPIM UIN Jakarta

Hatim Gazali. 2006. Memperjuangkan Kebebasan Berakal dan Beragama. Yogyakarta: Pilar Media.

Husani Usman dan Purnomo. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Bumi Aksara.

H. Strasser, and S.C. Randall. 1981. An Introdustion to Theories of Social Change. London: Routledge & Kegan Paul.

Khalimi. 2010. Ormas-Ormas Islam; Sejarah, Akar Teologi dan Politik. Jakarta: Gaung Persada Press

Klaus Krippendorff. 1993. Content Analysis : Introduction to its Theory and Methodology Terj. Analisis Isi : Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Mufti Mubarok. 2011. Membongkar Rahasia NII, Gerakan NII Makin Subur Sementara NKRI Makin Kabur. Surabaya: Reforma Media.

Miftachul Huda. 2010. Meraih Sukses Dengan Menjadi Aktivis Kampus. Yogyakarta: Penerbit Leutika.

Muhammad Muhibbuddin. 2012. Terapi Hati. Yogyakarta: Buku Pintar.

Munawar Rahmat. 2012. “Corak Berpikir Keagamaan Mahasiswa”. dalam Jurnal Pendidikan Islam – Ta’lim Vol. 10 No. 1 tahun 2012

Mohammad Daud Ali.2002. “Kelompok “Sempalan” di Kalangan Mahasiswa PTU: Sebuah Tantangan Bagi Pendidikan Agama Islam”, dalam Fuaduddin & Cik Hasan Basri, Editor. 2002. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Ciputat: Logos.

Nasaruddin Umar. 2019. Islam Nusantara, Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Noeng Muhajir. 1992. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Robert N, Bellah. 2000. Beyond Belief : Esai-esai Tentang Agama di Dunia Modern. terj. (Jakarta: Paramadina.

Satrio Arsimunandar, (Ed). 2019. NKRI Bersyari’ah Atau Ruang Publik yang Manusiawi? Tanggapan 21 Pakar terhadap Gagasan Denny JA. Jakarta: CBI.

Shofiyullah, Mz. 2006. “Quo Vadis Kebebasan Beragama?” dalam kumpulan tulisan Kebebasan; Dalam Perbincangan Filsafat, Pendidikan, dan Agama. Yogyakarta: BEM Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga Pilar Media.

Sugiyono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tanwir, Y. Mukawi. 2002. “Kelompok “Sempalan” di Kalangan Mahasiswa PTU: Sebuah Tantangan Bagi Pendidikan Agama Islam”, dalam Fuaduddin & Cik Hasan Basri, Editor. 2002. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Ciputat: Logos.

Turmudi dan Riza Sihbudi, (ed). 2005. Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.

Yunanto S, dkk. 2003. Gerakan Militan Islam di Indonesia dan Asia Tenggara. Jakarta: Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) & Ridep Institute.

http://www.triaspolitica.net/peneliti-lipi-sebut-organisasi-kemahasiswaan-kammi-ajarkan-ideologi-radikalisme/ diunduh, 28 Pebruari 2016.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.5998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats