GLOBALIZATION IN ISLAMIC EDUCATION (INTERNALIZATION STRATEGY OF LOCAL VALUES IN ISLAMIC EDUCATION IN THE ERA OF GLOBALIZATION)

Kaspullah Kaspullah, Suriadi Suriadi

Abstract


Abstrak

 

Artikel ini mambahas tentang Globalisasi Dalam Pendidikan Islam (Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam Di Era Globalisasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai kearifan lokal dalam pendidikan Islam. Adapun pendektan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian adalah analisis teks dan informasi yang terkait dengan kajian. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana proses internalisasi nilai kearifan lokal dalam pendidikan Islam. Hasil analisis menyimpulkan bahwa kearifan merupakan salah satu alternatif yang berupaya mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa di dalamnya termasuk memperkuat pendidikan Islam. Strategi internalisasi kearifan lokal Indonesia dapat dilaksanakan melalui proses pembelajaran di sekolah. Hal tersebut dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah mengintegrasikannya dengan pembelajaran pendidikan Islam. Dalam praktinya memerlukan sinergi dari tiga unsur utama dalam pendidikan. Unsur tersebut dapat dilakukan melalui tiga pilar pendidikan yakni pendidik an in formal, pendidikan formal, dan pendidikan non formal. Perlu juga dilakukan pemberdayaan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para pembuat kebihjakan keteladanan dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Globalisasi; Pendidikan; Strategi; Internalisasi; Nilai.

 

Abstract

 

This article is about Globalization in Islamic Education (Internalization of Local Wisdom Values Strategies in Islamic Education in the Era of Globalization). This study aims to describe the internalization of the value of local wisdom in Islamic education. The research approach uses this type of library research. The research approach is the analysis of text and information related to the study. This research is focused on how the process of internalizing the value of local wisdom in Islamic education. The results of the analysis concluded that wisdom is an alternative that seeks to maintain and preserve the noble values of the nation's culture in it including strengthening Islamic education. The strategy of internalizing Indonesian local wisdom can be implemented through the learning process at school. This can be implemented through learning activities. One of them is integrating it with Islamic education learning. In practice, it requires the synergy of three main elements in education. This element can be carried out through the three pillars of education namely in formal education, formal education, and non-formal education. It is also necessary to empower community leaders, traditional leaders, religious leaders, youth leaders as well as models of exemplary behavior in maintaining and preserving the values of local wisdom in daily life.

 

Keywords: Globalization; Education; Strategy; Internalization; Values.



Keywords


Globalisasi, Lokalisasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


A. Syaefuddin, Percikan Pemikiran Imam Al-Ghazali, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada, 2010.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persepsi Islam, Bandung: Rosda Karya, 1992.

Arsyad, Values of Local Wisdom: A Potential to Develop an Assessment and Remedial, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol.6 No.1, March 2017, pp. 71~78 ISSN: 2252- 8822.

Fajarini, Ulfah, Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter (The Role of Local Wisdom for Character Education). Jurnal Sosio Didaktika, 2014 1 (2): 123-130.

Fajarini, Ulfah, Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter (The Role of Local Wisdom for Character Education). Jurnal Sosio Didaktika, 2014, 1 (2): 123-130.

Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka cipta, 1997.

Hujair Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003.

J.P. Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2005.

Josef Bleicher, Contemporary Hermeneutic as Method, Philosophy and Critique London: Routledge, 1980.

Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Khaerudin Kurniawan, Arah Pendidikan Nasional Memasuki Milenium Ketiga, dalam Suara Pembaharuan Januari 1999.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Mubah, A. S, “Strategi Meningkatakan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi, 2011.

Muhaimin dalam Usman Abu Bakar & Surohim, Kerangka Konseptual Pembaharuan Pendidikan Islam,Yogyakarta:Safiria Insania Press,2005

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Muhdi, Posisi Mata kuliah PAI Dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum, Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No.1, Mei 2014: 1-101.

Peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi.

Purwati Anggraini, Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools, Journal of Education and Practice www.iiste.orgISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.8, No.5, 2017, hlm. 28.

Rohmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.

Rohmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.

Siswoyo, D, Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2016.

Suhartini. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan penerapan MIPA [16 Mei 2009]. Yogyakarta. [Internet]. diunduh 09 9 Maret 2020.

Sukiyani, F. dan Zamroni, “Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga”. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Socia. Volume XI, No. 1/2014. hlm. 57-70.

Suyahman, Internalisasi Kearifan Lokal Dalam era Global Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045 PIBSI XXXIX, Semarang 7-8 November 2017.

Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional, 2008.

Wandari, M, Pengembangan SMADAM (Smart Media based on Nasionalism) Berbasis Adobe Flash Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP” Artikel Hasil Hibah Penelitian Student Union Grant (SUG) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats