THE CORRELATION BETWEEN THE HABIT OF CARRYING OUT JAMAAH PRAYERS WITH THE DISCIPLINE ATTITUDE OF STUDENTS

Anne Andriane, Erhamwilda Erhamwilda

Abstract


Abstract

Salat is an obligation for every Muslim. Prayer in congregation is rewarded by Allah Almighty twenty seven times higher than prayer alone. With regular prayer in congregation one will get used to the discipline of managing time. This study aims to determine whether there is a correlation between the habits of students praying in congregation with the attitude of student discipline. The study was conducted with a quantitative approach, descriptive method, and the type of correlation research. This research was conducted on eighth grade students in one Islamic junior high school in the city of Bandung. The study population was 8th grade students totaling 294 students. Samples were taken with a random sampling technique of 114 students. Hypothesis testing is done by 5% error significance. Data collection research instruments include: Likert scale, questionnaires, documentation, interviews, and observations. Presentation of data uses frequency distribution, unit analysis, statistics, normality test, validity test, reliability test, correlation, and hypothesis test summary. The results of this study indicate that there is a significant positive correlation between the habit of carrying out congregational prayers with the discipline of students. It was concluded that to improve student discipline could be done by praying in congregation.

Keywords: Habits, jamaah prayer, attitude of discipline

 

Abstrak

 

Shalat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Sholat berjamaah diberi ganjaran pahala oleh Allah Swt dua puluh tujuh kali lebih tinggi dari sholat sendirian.  Dengan rutin sholat berjamaah seorang akan terbiasa dengan disiplin mengatur waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi  antara kebiasaan siswa sholat berjamaah dengan sikap disiplin siwa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, metoda deskriptif, dan jenis penelitiannya korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Islam di Kota Bandung. Populasi penelitian adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 294 siswa, Sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 114 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan signifikasi kesalahan 5%. Instrumen penelitian pengumpul data meliputi: skala likert, angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penyajian data menggunakan distribusi frekuensi, analisis unit, statistik, uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, korelasi, dan ringkasan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan korelasi positif yang signifikan antara kebiasaan melaksanakan shalat berjamaah dengan sikap disiplin siswa. Disimpulkan untuk meningkatkan disiplin siswa dapat dilakukan dengan pembiasaan sholat berjamaah.

Kata Kunci: Kebiasaan, Shalat Berjamaah, Sikap Disiplin.



Full Text:

PDF

References


Abdurraziq, Maukir Manshur. (2007). Mu’jizat Shalat Berjamaah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Al-Khafidz bin Khajar Al-‘Asqalani. Bulughul Maram, hlm 35.Arikunto, suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Armai, Arif. (2000). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres.

Ash-Shilawy, Ibnu Rif’ah. (2009). Panduan Lengkap Ibadah.

Azwar, Saefudin. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Hurlock, Elizabeth. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bashori, Muhammad. (2016). Dahsyatnya Istiqamah Shalat Berjamaah. Yogyakarta; Semesta Hikmah.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depag RI. (2010). Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. Bandung: PT Sygma Examedia Arkankema.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Departemen Agama RI. (2016). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT Mutiara Qalbu Salim.

Departemen Agama RI. (2000). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Diponegoro.

Departemen Agama RI. (2007). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Tiga Serangkai.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaifil Bahri. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizabeth, Hurlock B. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Elizabeth, Jane. (2005). Disiplin Positif, Terjemah Imam Machfud. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Erhamwilda. (2018). Psikologi Belajar Islami.Jokyakarta: Psikosain.

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. (2008). How To Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc Graw-Hill.

Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Ginanjar, Ari Agustian. (2007). New Edition. Rahasiah Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emosional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga.

Hadi, Sutrisno. (2001). Metodelogi Research. Yogyakarta: ANDI offset.

Hadi, Sutrisno. (2016). Metodelogo Research. Yogyakarta: ANDI Offset.

Hani, Handoko. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: BPPE.

Haryanto, Sentot. M. Si. (2001). Psikologi Shalat. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Haryanto, Sentot. (2009). Psikologis Shalat. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Hasan, Ali. (2000). Studi Al-Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

H.R. Bukhari dan Muslim. (2008). Jauzi.

H.R. Muslim. (1990). Firdaus.

Imron, Ali. (2003). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Iskandar. (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta Gaung Persada.

Jawwad, M. Abdul. (2003). Mengembangkan Inovasi dan Kerativitas Berfikir Pada Diri dan Organisasi Anda. Bandung: PT Syamil Cipta Media.

Junhana, Hanna. (2011). Integrasi Psikologi dan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kenneth, W. Requena. (2005). Pengantar Manajemen.

Kemenag RI. (2016). Bandung: PT. Mutiara Qalbu Salim.

Kemenag RI. (2000). Bandung: CV. Diponegoro.

Kemenag RI. (2007). Jakarta: Tiga Serangkai.

Koesoema, Doni. (2001). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Margono. (2007). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marijan. (2012). Metode pendidikan Anak Membangun Karakter Anak Yang Berbudi Mulia, Cerdas, dan Berprestasi. Yogyakarta: Sabda Media.

Marzuki. (2006). Metodelogi Riset. Yogyakarta: UII.

Masyhur, kahar. (1995). Shalat Wajib (Menurut Madzhab yang Empat). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa. (2007). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Dedi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial Lainnya, cet. 3, (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Musbikin, Imam. (2007). Misteri Shalat Berjamaah Bagi Kesehatan fisik dan Fsikis. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Musthafa, Bisri. (2018). Menjadi Shalat Dengan Shalat. Yogyakarta: Optimus.

Nizar, Imam Ahmad Ibnu. (2009). Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Noor, Juliansyah. (2013). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Numair, Abu Al-hasan Asyraf Bin Muhammad. (2005). Fiqih Shalat Lengkap Disertai 71 Fatwa. Jakarta: Pustaka Azzam.

Nur. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Papilia, Diane E., DKK. (2014). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.

Perpres. Nomor. 87. Tahun 2017.pdf. https://goo.gl/images/riVu7H (diakses pada: 15 Februari 2019). http//setkab.go.id/wpcontent/uploads/2017/09/

Purwanto. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Qathani, Said Bin Ali, Bin Wahf. (2008). Ensiklopedia Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Qiro’ati, Muhsin. (1996). Pancaran Cahaya Shalat. Bandung: Pustaka Hidayah.

Raya, Ahmad Thib, dan Siti Musdah Mulia. (2003). Menyelami Seluk Beluk Ibadah dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Ritonga, Habibuddin. (1997). Pengembangan Disiplin.

Schaefer, Charles. (2013). Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Jakarat: Kesaint Blance.

Shapiro, Laurence S. (2001). Mengeja Emosional Intelegensi Pada anak. Jakarta: Gramedia.

Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sholikin, Muhammad. (2011). The Miracle of Shalat (Mengungkap Kedahsyatan Energi Shalat). Jakarta: Erlangga.

Sirait, R. Turman. (2008). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Restu Agung.

Siregar, Sofyan. (2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Soejono. (2000). Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (1998). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. (2009). Metodelogi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Terry. GR. (2011). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Tsani, Syahid. (2007). Terapi Shalat Khusyuk Penenang Hati, Terjemah Ahmad Ghozali. Jakarta: Zahra.

Unaradjan, Dolet. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo.

Whardjani. (2001). Hubungan Kebiasaan Shalat

Wibisono, Dermawan. (2000). Manajemen Kinerja. Jakarta: Erlangga.

Zamani, Zaki. (2016). Shalatlah Kamu Sebelum Dishalatkan. Yogyakarta: Sketsa.

Zuhaili, Wahbah. (2010). Al-Fiq Al-Islami Wa-Adillatuhu, Diterjemahkan Abdul Hayyie Al-Kattani, DKK. Jakarta: Gema Insani.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats