METHOD OF LEARNING PERSPECTIVE OF ALALA TANALUL 'ILMA BY IMAM AL-ZARNUJI
Abstract
Abstract
Before Western experts introduced the method of learning to the world, in fact Islam already had its own method of learning for students. The learning method was written by a medieval Muslim intellectual named Imam al-Al-zarnuji in the book Alala. This paper aims at knowing the biography of Imam al-Al-zarnuji, the book of Alala and the learning methods offered. The writing method in this research uses library research by taking a variety of literature in accordance with the study. It produced three findings: First al-Al-zarnuji was one of the medieval Muslim intellectuals who had written systematic learning methods before Western experts introduced modern learning methods. Second, the Book of Alala is one of books that contains 37 nadhom, explains about learning methods which are entirely based on religious morals in order to be the good character people. Third, in al-Al-zarnuji’s opinion, if students want to be successful in getting the benefits of science, there are two things that must be done: (1) it should do the method correctly in taking knowledge; (2) should carry out the requirements in taking knowledge. By doing both of these things, students will get knowledge and get the benefits of the science that they wish.
Keywords: Learning Method; Imam al-Zarnuji; Alala Book.
Abstrak
Sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar kepada dunia secara luas, sebenarnya Islam sudah memiliki metode belajar sendiri untuk para pelajar. Metode belajar tersebut telah ditulis oleh salah satu intelektual Muslim abad pertengahan yang bernama Imam al-Al-zarnuji dalam kitab Alala Tanalul ‘Ilma. Tulisan ini bertujuan menelaah biografi Imam al-Al-zarnuji, kitab Alala dan metode belajar yang ditawarkan. Adapun metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan riset perpustakaan dengan mengambil berbagai literatur yang sesuai dengan kajian. Tulisan ini menghasilkan tiga temuan, yaitu: Pertama, Imam al-Al-zarnuji merupakan salah satu intelektual Muslim abad pertengahan yang telah menulis metode belajar secara sistematis sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar modern. Kedua, Kitab Alala merupakan salah satu kitab yang berisi 37 nadhom, membicarakan tentang metode belajar yang secara keseluruhannya didasarkan pada moral religius agar menjadi manusia yang berkarakter baik. Ketiga, dalam pandangan Imam al-Al-zarnuji, apabila para pelajar ingin sukses mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan, maka ada dua hal yang harus dilaksanakan, yaitu: (1) hendaknya melakukan dengan benar metode dalam menempuh ilmu pengetahuan; (2) hendaknya melaksanakan syarat-syarat dalam menempuh ilmu pengetahuan. Dengan melaksanakan kedua hal tersebut, maka para pelajar akan mendapatkan ilmu pengetahuan serta mendapatkan manfaat ilmu pengetahuan yang dicita-citakan.
Kata Kunci: Metode Belajar; Imam al-Zarnuji; Kitab Alala.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd al-Qodir Ahmad. 1986. Ta’lim Al-Muta’allim Thoriq Al-Ta’allum. Kairo: Mathba’ah Sa’adah.
Al-Ghozali, Abu Hamid. 2011. Ihya Ulum Al-Din. Beirut: Dar Al-Fikri.
Al-Muzaidi, Fuad Abdul Aziz Asy-Syalhub dan Harits bin Zaidan. 2011. Panduan Etika Muslim Sehari-Hari. Surabaya: Pustaka Elba.
Al-Zarnuji, Syaikh. 2011. Ta’lim Al-Muta’allim. Surabaya: Nurul Huda.
Ali, Muhammad Ma’shum Bin. 2005. Amtsilah At-Tashrifiyah. Semarang: Pustaka Alawiyah.
An`im, abu. 2015. Terjemah Nadzom Alala. -: Mu`jizat.
Arifin, Muhammad. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
As’ad, Alliy. 2007. Terjemahan Ta’lim Muta’allim. Yogyakarta: Menara Kudus.
Asy’ari, M. Kholil. 2014. “Metode Pendidikan Islam.” JURNAL QATHRUNA Vol. 1 No.1
Az Zuhaili, Wahhab. 2013. Ensiklopedia Akhlak Muslim. Jakarta: PT Mizan Publika.
Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Boere, S George. 2013. General Psychology. Jogjakarta: Presmasophie.
Deni Sutan, Bahtiar. 2012. Manajemen Waktu Islami. Jakarta: AMZAH.
Dewi, Erni Ratna. 2018. “Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas.” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar, Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Feldman, Robert S. 2012. Pengantar Psikologi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Ghufron, M.R & Rini Risnawati. 2011. Teori Teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz.
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan:Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Jaya, Farida. 2019. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL-ZARNUJI.” TAZKIYA Vol.8 No.1.
Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
King, Laurs A. 2010. Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanik.
Ma’rifataini, Lisa Diyah. 2018. “IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA) 11 BANDUNG.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.464.
Muhammad Nawawi, Ibnu Umar Al-Jawi. 2015. Nashaihul Ibad. Surabaya: thoha putra.
Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Kamus Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan.
Nata, Abuddin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam.
———. 2011. “Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan.
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Ormod.J, Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rizqi, Annisa Afiananda, Yusmansyah, and Shinta Mayasari. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar The Factors That Influence Students ’ Learning Motivation.” Jurnal FKIP Universitas.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sodiman. 2013. “ETOS BELAJAR DALAM KITAB TA’LIIM AL-MUTA’ALLIM THAARIQ AL-TA’ALLUM KARYA IMAM AL-ZARNUJI.” Al-Ta’dib Vol. 6 No.
Subandi. 2011. “Sabar: Sebuah Konsep Psikologi.” JURNAL PSIKOLOGI VOLUME 38,.
Suharsimi, Arikunto. 2013. “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).” Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Sulastri, Anik. 2016. “PENGARUH AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10.
Suryadi, Rudi Ahmad. 2012. “Motivasi Belajar Perspektif Pendidikan Islam Klasik.” Ta’lim vol 10 No.1
Tarobani, Shohibun Niam Bin Maulana Al. 2014. Zadah “Bekal Mencari Ilmu Manfaat Dan Berkah. Kendal: Al-Aziziyyah Press.
Uno, Hamzah.B. 2012. Teori Motivasi & Pengukuran : Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuddin. 2018. “KONSEP PENDIDIKAN AL-GAZALI DAN AL-ZARNUJI.” Ekspose Vol 17, No.1
Wirianto, Dicky. 2013. “Konsep Pedagogik Al-Zarnuji.”
Yunus, Mahmud. 1990. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hidakarya Agung.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.