EDUCATIONAL OBJECTIVES BASED ON VALUES OF REVELATION

Khambali Khambali

Abstract


The purpose of this research is to try to explore and describe the goals of education in Islam inductively by looking at the arguments of naqli that already exist in the al-Qur'an and al-Hadith, as well as integrating them in the context of the needs of society in general in education, so that the goal is expected. education in Islam can be applied to contemporary discourse and reality. The research design used is literature research with a revelatory approach to a number of verses from the Al-Qur'an about educational purposes, and interpretive books as primary data sources and journals and scientific writings as secondary data. The commentaries studied were Tafsir Al-Qur'an Al-'Adzim (Tafsir Ibn Katsir), Tafsir Al-Maraghi, and others. The commandment to make preparations, to provide everything including with the right determination and enthusiasm. The purpose of education is as guidance so that humans do not perish with the hardships they experience. Al-Qur'an is an information for every human being, guidance, explanation, teaching and warning for people who have faith. The command to manifest respect and affection for fellow human beings shows that a servant must always prostrate and repent to Allah SWT, and remind humans to always please others.

 

Keywords: Educational Objectives; Revelation Values.

 

 

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah berusaha menggali dan mendeskripsikan tujuan pendidikan dalam Islam secara induktif dengan melihat dalil-dalil naqli yang sudah ada dalam al-Qur’an maupun al-Hadits, juga memadukannya dalam konteks kebutuhan dari masyarakat secara umum dalam pendidikan, sehingga diharapkan tujuan pendidikan dalam Islam dapat diaplikasikan pada wacana dan realita kekinian.  Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kewahyuan terhadap sejumlah ayat Al-Qur’an tentang tujuan pendidikan, dan kitab-kitab tafsir sebagai sumber data primer dan jurnal serta tulisan ilmiah sebagai data sekunder.  Kitab tafsir yang dikaji adalah Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim (Tafsir Ibnu Katsir), Tafsir Al-Maraghi, dan lainnya. Perintah untuk melakukan persiapan, menyediakan segala sesuatunya termasuk dengan tekad dan semangat yang benar. Tujuan pendidikan adalah sebagai bimbingan agar manusia tidak binasa dengan kesusahan yang dialaminya. Al-Qur’an adalah penerangan bagi setiap manusia, petunjuk, penjelasan, pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang bertaqwa. Perintah untuk mewujudkan rasa hormat dan rasa kasih sayang sesama manusia, menunjukkan bahwa seorang hamba haruslah selalu sujud dan taubat kepada Allah Swt, serta mengingatkan kepada manusia untuk selalu menyenangkan orang lain.

 

Kata Kunci: Tujuan Pendidikan; Nilai-nilai Kewahyuan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2003). Tafsir Ibnu Kasir. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Dalimunthe, S. S. (2015). PERSPEKTIF AL-QUR’AN TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(1). https://doi.org/10.30821/miqot.v39i1.45

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Hidayat, N. (2016). Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.359-370

Iman, F. (1997). MUNASABAH AL-QUR’AN. ALQALAM, 11(63), 45. https://doi.org/10.32678/alqalam.v11i63.478

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa, 6(2), 175. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2019). Urgensi pendidikan akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1349

Maryam, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Persepektif Al-Quran. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 79–96. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.67

Mawangir, M. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH KARYA MUHAMMAD QURAISH SHIHAB. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 163–182. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1917

Mikyal Hardiyati, & Umi Baroroh. (2019). Pendidikan Perspektif Al-Quran. Penelitian, 13(Nomor 1), 108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i1.4921

Musthofa, A. (1986). Al-Maraghi. Yogyakarta: Sumber Ilmu.

Nasional, P. (2011). Sistem Pendidikan di Malaysia : Dasar , Cabaran , dan Pelaksanaan ke Arah Perpaduan Nasional. Sosiohumanika.

Nasruddin Hasibuan. (2014). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Darul Ilmi, 02(Nomor 2), 3. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/view/412/384#

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456

Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603

Rudi Suryadi Ahmad. (2013). Asbab Al-Nuzul Dalam Tafsir Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Saihu, S. (2019). KONSEP MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54

Sanaky, H. A. (2014). Mengembangkan Model Ideal Pendidikan Islami. El-Tarbawi, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art1

Shihab, Q. (2017). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Sholichah, A. S. (2018). TEORI-TEORI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Syarifah, D. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KRITERIA GURU DALAM AL-QUR’AN SURAT AL FATH AYAT 29 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROFESIONALISME GURU (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Tasikmalaya). Retrieved from http://repository.staitasik.ac.id:86/36/2/BAB I.pdf




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats