UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KERINCI

Aidil Akhyar, Mohamad Erihadiana

Abstract


Developing an Islamic Religious Education curriculum is a must carried out by Islamic Religious Education teachers. The development of this curriculum is an aspect that needs to be mastered by teachers, especially teachers of Islamic Religious Education. The research method used is qualitative methods. Teachers must have mature knowledge and readiness to develop the Islamic Religious Education curriculum. Teachers should not experience stagnation in teaching Islamic Religious Education. The dynamics of learning by developing the Islamic Religious Education curriculum will be realized if the teacher can develop the curriculum well.

Keywords: Curriculum; Develop; Islamic Religious Education.

 

Abstrak

Mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan keharusan yang diemban guru Pendidikan Agama Islam. Pengembangan kurikulum ini menjadi aspek yang perlu dikuasai oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode  kualitatif. Guru harus memiliki pengetahuan dan kesiapan yang matang untuk mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Guru jangan sampai mengalami stagnasi dalam membelajarkan Pendidikan Agama Islam. Kedinamisan pembelajaran dengan mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam akan terwujud jika guru bisa mengembangkan kurikulum dengan baik.

Kata Kunci: Kurikulum; Mengembangkan; Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Akbal, Muhammad, dkk. (2020). PKM Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran PPKn. Pengabdi: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 (2).

Aprilia, Wahyu. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 2 (2).

Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 11 (1).

Hamalik, Oemar. (2016). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayati, Titiek Rohanah. (2015). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Jember. Fenomena, Vol. 14 (1).

https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm. diakses 4 Desember 2020, jam 13. 32.

Mansur, Rosichin. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan). Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI Unisma, Vol. 10 (2).

Maghfiroh, Muliatul dan Mad Sa’i. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1 (1).

Mustaqim, Mujahidil (2017). Tingkat Pemahaman Calon Guru Terhadap Revisi Kurikulum 2013. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 (2).

Rahmawati, Yeni Tri Nur dan Suheri. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Islamic Akademika: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Vol. 6 (1).

Salsabila, Unik Hanifah. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 7 (1).

Sholikhah, Khotimatus. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Religius di Sekolah. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora, Vol. 7 (2).

Sugiana, Aset. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di MTS Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 16 (1).

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwadi. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Tinggi (Mengacu KKNI-SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi di Program Studi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga). Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 13 (2).

Syam, Aldo Redho. (2018). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 14 (1).

Tarsono, dkk. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Moral Agama pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 7 (1).




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats