PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL MUTTAQIN BENTENG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Tolariyati Tolariyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa  di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul  Muttaqin Benteng Kabupaten Indragiri Hilir, fokus penelitian ini adalah profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini diadakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Muttaqin Benteng Kabupaten Indragiri Hilir. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa  di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul  Muttaqin Benteng Kabupaten Indragiri Hilir sudah dimiliki dan dilaksanakan dan perlu ditingkatkan sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa. Dapat disimpulkan bahwa profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa  di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul  Muttaqin Benteng Kabupaten Indragiri Hilir berdasarkan penelitian ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu  guru dalam dalam mengajar sehingga guru dapat meningkatkan keaktifan belajar  siswa.


Keywords


Profesionalitas Guru; Prestasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Badawi, A. (1998). Peranan Kompetensi Mengajar Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMU. Disertasi: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Kadir, K. (2009). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengatasi Kelemahan Peserta didik Belajar Qur’an Hadis pada MTS. Tesis: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Kartono, K. (1990). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mukhtar. (2004). Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah. Jambi: Sulthan Thaha Press.

Sukmadinata, N. S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, M. (2003). Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats