PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN STATUS SOSIAL ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN PAI
Abstract
Penelitian ini memiliki beberapa masalah yang dikaji dan akan diteliti: (1) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren?, (2) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah?, (3) Apakah terdapat interaksi antara latar belakang Pendidikan agama orang tua dengan status sosial orang tua terhadap keberhasilan Pendidikan agama Islam siswa?, (4) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar dipesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren, pada siswa yang orang tuanya mempunyai status sosial tinggi?, (5) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren, pada siswa yang orang tuanya mempunyai status sosial rendah?, (6) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah pada siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren?, (7) Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah pada siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren? Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto. Pengujian hipotesis dilakukan dengan anava two way dan dilanjutkan dengan uji tukey.
Kata Kunci: Keberhasilan PAI; Status Sosial Orang Tua; Pendidikan Pesantren.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Syani. Sosiologi Sistematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Darwyansyah. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.
Fuad, Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Haryanto, Dany, and G. Edwi Nugrohadi. “Pengatar Sosiologi Dasar.” In Pengatar Sosiologi Dasar, 181–87. Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011.
Hasan, Tholhah. Pendidikan Anaka Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta, 2009.
“Jurnal Al-Ulum.” Jurnal Al-Ulum 13 (2013).
“Jurnal Kependidikan.” Jurnal Kependidikan III (2015).
Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Qomar, Mujamil. “Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi.” In Jakarta, Penerbit Erlangga. Erlangga, 2005.
Rahmat, M. Taufiq. Glosari Teori Sosial. Bandung: Ibnu Sina Pers, 2011.
RI, Departemen Agama. “Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah,” 2003, 53–60.
Soerjono Soekanto dan Budi Sulystiowati. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali, 2017.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Dan Mengajar. Bandung, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alphabeta, 2009.
Undang-Undang, Republuk Indonesia. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2012th ed. Bandung: Fokusindo Mandiri, 2012.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.