PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 BANDUNG

Iwan Sanusi, Harkit Rahmawati, Bambang Samsul Arifin, Uus Ruswandi

Abstract


This study tries to reveal good practice combined with theory through a qualitative research approach with analytical descriptive methods. The results of the study show that for learning achievement, PAI teachers have designed learning preparations by formulating measurable goals, mapping Basic Competence (KD) materials in a balanced way in each semester with the development of Competency Achievement Indicators (GPA) appropriately; conduct analysis and selection of appropriate approaches, strategies, designs, models, methods, learning media; PAI teachers play an active role in teacher organizations; utilization and maximization of facilities and infrastructure, including the PAI laboratory; utilization of sources, media, and learning tools including UKBM SKS schools; carry out evaluations and assessments in a process and term manner; and provide feedback and follow-up through remedial and or enrichment; and lastly, the development of PAI learning can be done outside the classroom through school culture programs and religious extracurricular activities Rohani Islam (Rohis) under the name DKM Nurul Khomsah.

Keywords: Development; Learning; PAI; SMA.

 

Abstrak

Penelitian ini mencoba mengungkap praktik baik yang dipadukan dengan teori melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriftik analitik. Hasil penelitian menujukkan bahwa untuk ketercapaian pembelajaran, guru PAI telah melakukan rancangan persiapan pembelajaran dengan merumuskan tujuan secara terukur, pemetaaan materi-Kompetensi Dasar (KD) secara berimbang pada setiap semester dengan pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) secara tepat; melakukan analisis dan pemilihan pendekatan, strategi, desain, model, metode, media pembelajaran secara tepat; guru PAI berperan aktif pada organisasi keguruan; pemanfaatan dan maksimalisasi sarana dan prasarana termasuk laboratoirum PAI; pemanfaatan sumber, media, dan alat pembelajaran termasuk UKBM sekolah SKS; melakukan evaluasi dan penilaian seacara berproses dan berjangka; serta melakukan umpan balik dan tindak lanjut melalui remedial dan atau pengayaan; dan terakhir, pengembangan pembelajaran PAI dapat dilakukan di luar kelas melalui program budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan Rohani Islam (Rohis) dengan nama DKM Nurul Khomsah.

Kata Kunci: Pengembangan; Pembelajaran; PAI; SMA.


Full Text:

PDF

References


Afifuddin, dkk. (2004). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. (2013). MKDU Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Azhari. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2010). Startegi Belajar Mengajar Melalui Pemaham Konsep Umum dan Komsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indar, Jumberansyah. (2016). Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama.

Karwono dan Heni Mularsih. (2013). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahfud, Rois. (2014). Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Palangka Raya: Erlangga.

Marimba, Ahmad D. (2014). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats