MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK MODERN CORDOBA

Khambali Khambali, Mumu Mumu, Mohamad Erihadiana, Muhibbin Syah

Abstract


This study describes the management of educational financing based on entrepreneurship in Islamic boarding schools at Pondok Modern Cordoba, West Bandung. This research is a qualitative research. Methods of data collection using observation, in-depth interviews, and documentation. The data analysis technique uses data categorization and data interpretation. The results of this study indicate that: 1) the management of education financing at Pondok Modern Cordoba, West Bandung is not much different from the management of education financing in general. 2) the cost of education at Pondok Modern Cordoba, West Bandung, was obtained from three sources of funds. First, it is obtained from non-governmental organizations around the lodge through infaq and waqf. Second, it is obtained from donors or congregations who are permanent donors. Third, from the results of the pesantren business, namely through the Business Unit. 3) the results of the Pondok Pesantren business unit are entirely managed by the Pondok and allocated for the advancement of education at the Pondok.

Keywords: Education Financing Management; Modern Islamic Boarding School; Entrepreneurship.

 

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen pembiayaan pendidikan berbasis kewirausahaan pondok pesantren di Pondok Modern Cordoba Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kategorisasi data dan penafsiran data. Hasi dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Modern Cordoba Bandung Barat tidak jauh berbeda dengan manajemen pembiayaan pendidikan pada umumnya. 2) perolehan biaya pendidikan di Pondok Modern Cordoba Bandung Barat diperoleh dengan tiga sumber dana. Pertama, diperoleh dari swadaya masyarakat sekitar pondok melalui infaq dan wakaf. Kedua, diperoleh dari para donatur atau jama’ah yang menjadi donatur tetap. Ketiga, dari hasil usaha pesantren yaitu melalui Unit Usaha. 3) hasil unit usaha Pondok Pesantren seluruhnya dikelola oleh Pondok dan dialokasikan untuk kemajuan pendidikan di Pondok.

Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan Pendidikan; Pondok Pesantren Modern; Kewirausahaan.


Full Text:

PDF

References


Amrullah. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Koperasi Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Tadabbur, 1(2).

Azizah, S. N. (2014). Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi. Ekbisi, IX(1), 103-115.

Marsudi, etc. (2011). Pengembangan Manajemen Koperasi Di Pondok Pesantren Perguruan Islam Salafiah Kabupaten Blitar. JSH, 4(2), 164-176.

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan yang Bermutu. Jurnal Ansiru, 1(2), 119–145.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005), 1–39.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyan, N. F. N. A. (2020). Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Masyarakat di MTs Pakis Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Hijri, 9(1), 1-19.

Amtu, Onisimus. (2012). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saefullah. (2015). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Rusdiana. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nata, Abuddin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Ritongan, Nursyahrul. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam Berbasis Wakaf di STAI As-Sunnah Deli Serdang. Edu Riligia: Vol. 3 No.2 April-Juni 2019.

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan; Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyono. (2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Irawan, Ahmad Noval. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Swasta: Studi Kasus di MTs. Wihdatul Fikri Kab. Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Vol. 14, No. 1, Juli 2019: 73-81.

Suhardan, Dadang, etc. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fahy, Colleen. (2011). Education Funding in Massachusetts: The Effects of Aid Modifications on Vertical and Horizontal Equity, Journal of Education Finance Vol. 36, No. 3 (University of Illinois Press: Winter 2011), pp. 217-243.

Rivai, Veithzal, etc. (2011). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Drucker, Peter F. (1990). Managing the Non-Profit Organization. New York: Harper Business.

Kotler, Philip, etc. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Irwan, Zain, etc. (2008). Agama Pendidikan Islam Dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghofur, Ruslan Abdul. (2016). Pola Pemberdayaan UMKM Dalam Meningkatkan Ekonomi Pesantren. IAIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats