MOSQUE; ISLAMIC EDUCATION CENTRE
Abstract
Tujuan awal dibangunnya sebuah masjid adalah bukan semata-mata untuk tempat beribadah saja akan tetapi sebagai pusat lembaga pendidikan. Sejarah Islam menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menjadikan masjid sebagai lembaga pendidikan utama sebagaimana yang dilakukan di masjid Nabawi. Rasulullah membina umat bermula dari masjid, berbagai kegiatan maupun problematika umat yang menyangkut bidang agama, ilmu pengetahuan, politik kemasyarakatan dan social budaya dibahas dan dipecahkan di masjid. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini ingin mengkaji kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masjid Jokokariyan Jogyakarta melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masjid Jokokariyan Jogyakarta bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada para jamaahnya agar selalu mementingkan pendidikan untuk menciptakan insan-insan yang cerdas cendekia dan dapat bermanfaat bagi sesama. Tujuan dari berbagai kegiatan yang dilakukan di masjid Jokokariyan adalah untuk mengembalikan peran dan fungsi masjid yaitu sebagai pusat aktivitas berbagai dimensi kehidupan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Jumbulati, A. (2002). Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Mubarakfur, S. S. (2008). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insan Pers.
Arrozy, A. M. (2016). Perubahan Sosial Komunitas Masjid Kampung Jogokariyan Yogyakarta Tinjauan Sosiologi-Sejarah. Jurnal Analisis Sosiologi, Vol 5 (1).
Azzama&Mulyani, A. (2019). Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat. Komunika : Journal Communication Science and Islamic. Vol 3 (1), 197-205.
Dana Burde, J. A. (2015). Islamic studies as early childhood education in countries affected by conflict: The role of mosque schools in remote Afghan villages. International Journal of Educational Development 41 , 70-79.
Faridl, K. M. (2014). Lentera Ukhuwah. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Halstead, J. M. (2007). Islamic values: a distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 287.
Handryanti, A. N. (2010). Masjid Sebagai Pusat Pengembangan Masyarakat: Integrasi Konsep Habluminallah, Habluminnas, dan Hablumina’alam. Malang: UIN Maliki Press.
Harahap, S. S. (1996). Manajemen Masjid; Suatu Pendekatan Teoritis dan Organisatoris. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.
Helmawati. (2013). Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Helmiati. (2015). https://uin-suska.ac.id › Artikel Dosen.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Isma Hasanah, M. W. (2017). Manajemen Masjid Jogokariyan dalam Membangun Umat. Seminar Pendidikan Sivitas Akademika Unisba (SPeSIA) (pp. 53-58). Indonesia: P2U-LPPM.
Istiqomah. (2019). Validitas Konstruk Alat Ukur Kesalehan Sosial. JIPT Fak. Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 122.
Lestari, S. &. (2019). Sikap Wanita Muslim Kauman: Kajian Peranan Aisyiyah Dalam Kebangkitan Wanita Di Yogyakarta Pada Tahun 1914-1928. WALASUJI Volume 10, No. 2, Desember 2019: 219-232, 219-232.
Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riadi, H. (2014). Kesalehan Sosial Sebagai Parameter Kesalehan Keberislaman. An-Nida`Jurnal Pemikiran Islam,Vol.39,No.1 Januari - Juni 2014, 54.
Shihab, M. Q. (2013). Wawasan Al-Qur`an. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Suharto, A. I. (2006). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
tamuri, A. H. (2007). Islamic Education Teacher's Perseptions of the Teaching of Akhlaq in Malaysia Secondary Schools. Juornal of Moral Education Vo. 36 No, 3, 372.
Ulwan, A. N. (2007). Pendidikan Anak dalam Islam Cetakan III. Jakarta: Pustaka Amani.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.9138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.