PAI TEACHER CREATIVITY IN USING E-LEARNING LEARNING METHODS IN SMA
Abstract
This study aims to analyze the creativity of Islamic Religious Education teachers in using e-learning learning methods, PAI teacher strategies in using e-learning learning methods, supporting factors and inhibiting PAI teachers' creativity in using e-learning learning methods, and the achievement of student learning outcomes in SMA Negeri 1 Wampu, Langkat Regency. This research method is qualitative, namely the technique used to examine the condition of natural objects where the researcher is the key instrument. Data collection was carried out systematically through data collection techniques by observation, interviews, and documentation studies. In addition, this study also uses phenomenology. At SMA Negeri 1 Wampu, Langkat Regency, the teacher carries out the learning process by delivering uniformed learning materials with the help of learning media. Due to COVID-19, face-to-face learning has to be limited. The learning process is carried out using WhatsApp group media, line, and reports. The learning process is carried out using the Offline Method, which deals with students who do not have the facilities and infrastructure. PAI teacher creativity in motivating students to learn via e-learning at SMA Negeri 1 Wampu Langkat Regency by applying various learning methods, using interesting applications for students. For example, making attractive PowerPoint Presentation media, making games in the learning process, and giving prizes for students who focus on the learning process.
Keywords: Creativity; E-Learning Method.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran e-learning, strategi guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran e-learning, faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran e-learning, dan pencapaian hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Wampu Kabupaten Langkat. Metode penelitian ini adalah kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Pengambilan data yang dilakukan secara sistematis melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan fenomenologi. Di SMA Negeri 1 Wampu Kabupaten Langkat guru melakukan proses pembelajaran dengan cara penyampaian materi pembelajaran yang diseragamkan dengan bantuan media pembelajaran. Adanya covid mengakibatkan pembelajaran tatap muka harus dibatasi. Proses pembelajaran dilakukan dengan media whatshaap grup, line dan melalui laporan. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode Luring Method yaitu untuk menyiasati siswa yang tidak memiliki sarana dan prasarana. Kreativitas guru PAI dalam memotivasi siswa untuk belajar via e-learning di SMA Negeri 1 Wampu Kabupaten Langkat dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan aplikasi-aplikasi yang menarik bagi siswa. Sebagai contoh, membuat media Power Point Presentation yang menarik, membuat game dalam proses pembelajaran, dan memberikan hadiah bagi siswa yang fokus pada saat proses pembelajaran.
Kata Kunci: Kreatifi; E-Learning.
Full Text:
PDFReferences
Baharun, Hasan, Hefniy Hefniy, Silviani Silviani, Muhammad Anas Maarif, and Adi Wibowo. 2021. “KNOWLEDGE SHARING MANAGEMENT: STRATEGY FOR IMPROVING THE QUALITY OF HUMAN RESOURCES.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 129–39.
Haliyana, Haliyana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa SMAN 8 Maros.” Jurnal Idiomatik 4 (2): 46–51.
Masruroh, Ninik. 2009. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS IT (e-Learning), EFEKTIFKAH.” Aspectos Generales De La Planificación Tributaria En Venezuela, 31–47.
Putri, Cindy Rizani, Ilyas Idris, and Tabroni Tabroni. 2021. “UPAYA GURU MENGOPTIMALKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Simanihuruk, Lidia, Janner Simarmata, Acai Sudirman, M Said Hasibuan, Meilani Safitri, Oris Krianto Sulaiman, Rahmi Ramadhani, and Syafrida Hafni Sahir. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Wibowo, Adi, and Abdul Talib Bon. 2021. “Efforts to Improve Student Learning Outcomes; Identification of Learning Models in Madrasah.” In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Singapore. IEOM Society International.
Wibowo, Heros Satrio. 2013. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN E–LEARNING MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 SEMARANG.” Univarsitas Negeri Semarang.
A.Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.
Amini, Penelitian Pendidikan: Sebuah Pendekatan Praktis, Medan: Perdana Publising 2011.
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo, 2003.
Catharina Tri Anni, Psikologi Belajar, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2004),h. 4.
Darin E. Hartley, Selling e-learning, American: Society for Training and Development, 2001.
Ifni Oktiani, “Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik” Vol. 5, No. 2 (2017
Jemmy Rumengan, Metodologi Penelitian, Bandung: Cita Pustaka Media, Perintis, 2003.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Narkubo, Cholid, dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Pentuy, H. J. (2017). Pengetahuan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Faktir UNIDRA, 4 (3)
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Putra, Masri Sareb. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang 2008.
Sudjana, Nana Dan Ibrahim, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Taufiq A Gani Dkk, Budaya Literasi di Era Covid 19, Aceh: Syiah Kuala University Press, 2014.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.9416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.