Potensi Masjid Agung Trans Studio Bandung dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid dengan Analisis SWOT

muhammad fauzi arif

Abstract


Abstrak

 

Tujuan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yaitu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan umat. Masjid diharapkan mampu memenuhi kebutuhan finansial serta berperan dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera secara mandiri. Pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal tidak terbatas pada usaha-usaha memproduksi barang dan jasa saja tetapi juga mencakup pelatihan dan pendampingan, pembiayaan atau akses permodalan dan akses pemasaran. Penelitian ini mengkaji potensi Masjid Agung Trans Studio Bandung dan memberi gambaran tentang peluang dan tantangan yang dihadapi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitarnya.

 

Kata kunci: masjid, pemberdayaan, ekonomi

 

ABSTRACT

 

Masjid-based economic empowerment aims to improve the independence and welfare of the people. Masjid is expected to be able to meet financial needs and play a role in creating a prosperous society independently. Economic empowerment of local communities is not limited to businesses producing and services but also includes training and mentoring, financing or access to capital and access to marketing. This study examines the potential of Masjid Trans Studio Bandung and provides an overview of opportunities and challenges in empowering the economy of the surrounding community.

 

Keywords: masjid, empowerment, economy

References


Asmorowati, Sulikah, (2005) .Dampak Pemberian Kredit Mikro untuk Perempuan: Analisis Pengadopsian Model Grameen. Surabaya: Universitas Airlangga,

Dewantoro, M. Hajar. (2005). Pengembangan BMT Berbasis Masjid Studi Kasus BMT AlAzka Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo Jurnal al-Mawarid Edisi XIII.

Hamzah, Arif. (2011) Peran Masjid Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

Ismawan, Bambang, (2009). Pemberdayaan Masyarakat melalui Dana Bergulir disampaikan pada diskusi “Visi Bersama Ekonomi Kerakyatan” Ekonomi Kerakyatan sebagai Gerakan Pembangunan, Depok.

Kartasasmita, Ginandjar. (1996 ) Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Melalui Kemitraan Guna Mewujudkan Ekonomi Nasional Yang Tangguh Dan Mandiri. Makalah, disampaikan pada seminar nasional Lembaga pembinaan pengusaha kecil menengah dan koperasi (LP2KMK-GOLKAR) Jakarta.

Meuleman, Johan H. (ed. ). Islam in the Era Globalization: Muslim Attitudes Towards Modernity and Identity. London: Routledge.

Moser, Caroline. (1992) Third World Policy Ap-proaches to Women in Development. London: Routledge,

Tohirin, Achmad. (2010.) The Cash Waqf For Empowering The Small Businesses. Yogyakarta: Center for Islamic Economics Development and Studies (P3EI) Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia,

Tuhuleley, Said. (2002.) Masjid, Rekonstruksi Wawasan Kemanusiaan, dan Pembangunan Ummat, Seminar Nasional Milad Masjid Syuhada. Yogyakarta.

Yusoff, Asry Abdullah Sudin Ab. Rahman, Mohd. Noor Shapiinh. (t.th.) A Study on the Possibility of Mosque Institution Running a Micro-Credit Programme Based on the Grameen Bank Group Lending Model: The Case of Mosque Institution in Kelantan, Malaysia: t.p,




DOI: https://doi.org/10.29313/tahkim.v2i2.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tahkim (Jurnal Peradaban dan Hukum Islam)