Hubungan Penyelenggaraan Program Parenting dengan Kemampuan Pengasuhan Orangtua pada Anak Usia Dini

Nawang Sri Rahayu, Gunarti Dwi Lestari, Widodo Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan positif antara penyelenggaraan program parenting dengan kemampuan pengasuhan orangtua pada anak usia dini di RA Al-Amin kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 50 responden. Pengambilan data pertama kali dengan mengajukan tes dan angket terhadap 10 orangtua untuk uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment untuk mengetahui hubungan dari variabel-variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai korelasi antara kedua variabel sebesar nilai r hitung sebesar 0.973. Jika jumlah responden atau N=50 dengan taraf signifikan 5% maka harga r-tabel yaitu 0,374. Hubungan tersebut dikatakan memiliki hasil positif apabila nilai r-hitung lebih besar daripada r-tabel. Maka analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif antara penyelenggaraan program parenting dengan kemampuan pengasuhan orangtua pada anak usia dini di RA Al-Amin kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dengan nilai sebesar 0.973.


Keywords


Program Parenting; Pola Asuh; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40–51.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Artha, I. K. A. J., & Cahyani, A. D. (2023). Aplikasi Parents and Kids Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Pola Pengasuhan Positif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1001–1016.

Cahyani, A., & Atmaja, K. (2021). The Role of Parents in Monitoring the Negative Impacts of Gadget Usage for Early Childhood during Covid-19 Pandemic Era. International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 1105–1116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.194

Cahyani, A. D. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1130

Erianjoni, E. (2022). Peran Parenting dalam Pendidikan Anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang. Jurnal Perspektif, 5(3), 306–314.

Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610–619.

Hidayati, L. (2019). Upaya Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik pada Satuan PAUD Sejenis melalui Program Parenting. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 104–115.

Khasanah, U. A., Livana, P. H., & Indrayati, N. (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 157–162.

Masrifah, R. (2021). Peran Orang Tua Dan Lembaga Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Akhlak Berbasis Kepesantrenan Bagi Anak Di Masa Awal Usia Sekolah. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 4(2), 30–41.

Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2).

Rahmah, A. A. T., Septiani, V. T., Fatya, I., & Putri, Y. F. (2022). Program Parenting Kelas Pertemuan Orang Tua (KPO) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok/Kelasanak (KOK). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02 July), 247–257.

Robingatin, R., & Khadijah, K. (2019). Kemitraan Orangtua dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35–57.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192–209.

Sardila, V. (2015). Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Etika dan Estetika Dalam Pembentukan Pola Prilaku Anak Usia Dini. Jurnal Dakwah Risalah, 26(2), 86–93.

Saudah, S. (2015). Lintas Sejarah Dan Ragam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Formal, Non Formal, Informal). JEA (Jurnal Edukasi AUD), 1(1), 1–30.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. CV Alfabeta.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulfiaturrohmah, N., & Diantoro, F. (2021). peran tri pusat pendidikan dalam menghadapi problematika pembelajaran daring di daerah 3t. Istighna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 115–131.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats