Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berkomunikasi dengan Menggunkan Media Panggung Boneka pada PAUD

Ika Silvi Anisa, Sulis Janu Hartati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media panggung boneka  untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kemampuan berkomunikasi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada PAUD An-Nur Ngaresrejo di kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa timur. Subjek pada penelitian ini yakni peserta didik kelas kelompok belajar dengan peserta didik yang berjumlah 12. Teknik pengumpulan data kemampuan berbicara dan kemampuan berkomunikasi  menggunakan lembar observasi dan instrumen tes yang mengacu pada kemampuan berbicara dan berkomunikasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan selanjutnya dilakukannya uji hipotesis dengan menggunakan uji (Wilcoxon Test) dengan bantuan SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian dapat menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara dan kemampuan berkomunikasi setelah menggunakan media panggung boneka. Hasil uji non parametrik (Wilcoxon Test) dengan rata-rata pretest 7.08 dan rata-rata posttest 18.17.


Keywords


Media Panggung Boneka; Kemampuan Berbicara; Berkomunikasi.

References


Abyadh, A. (2021). 23) Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Syukri STAI Diniyah Pekanbaru. Al Abyadh, 4(1), 16.

Apriliana, S. D., & Khotimah, N. (n.d.). Pengaruh Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di Tk Adni Islamic English School Surabaya.

Astuti Arigiyati, T., Kusumaningrum, B., & Singgih Kuncoro, K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Bagi Guru Sd Muhammadiyah Girikerto: Vol. I (Issue 2).

Pellokila, I. I., & Sesfao, M. I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Panggung Boneka Bagi Guru Sekolah Minggu. Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 74–86. https://doi.org/10.53547/rcj.v4i2.144. pdf

Rahmi, S. M., Arif Budiman, M., Widyaningrum, A., & Kunci, K. (2019). LOGO Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.

Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (2022). Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA).




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.12413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats