Analisis Memahami Dampak Pengelolaan Lingkungan Bermain Berbasis Sekolah Hijau terhadap Keterampilan Bahasa pada Anak Usia Dini: Studi Kualitatif

Ria Andriyani

Abstract


Tujuannya untuk menganalisa adanya dampak pada lingkungan bermain sekolah hijau dalam meningkatkan keterampilan berbagasa oleh peserta didik usia dini atau anak PAUD. Maka fokus penelitian ini adalah pada dampak keterampilan berbahasa anak PAUD dari adanya lingkungan bermain yang dikelola dengan basis sekolah hijau. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan total data adalah 5 data primer. Data sekunder diambil dari hasil pencarian daring terhadap kajian yang relevan. Hasil penelitian ini dapat diketahui pertama, siswa dapat belajar berbicara dengan percaya diri dan mengungkapkan pendapatnya dengan baik. Kedua, kemajuan membaca siswa cukup cepat untuk tingkat PAUD dan cepat dala mengenali huruf. Ketiga, siswa mampu menguasai kompetensi menulis tanpa peraga dan praktik menulis dengan bermain. Keempat, seperti pada umumnya siswa dapat cepat tanggap dalam menyimak ceramah gurunya. Kelima, siswa lebih termotivasi dan semangat belajar disekolah

Keywords


Sekolah Hijau, Keterampilan Berbahasa, Dampak.

References


Bijnens, E. M., Derom, C., Thiery, E., Weyers, S., & Nawrot, T. S. (2020). Residential green space and child intelligence and behavior across urban, suburban, and rural areas in Belgium: A longitudinal birth cohort study of twins. PLOS Medicine, 17(8), 1–20. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PMED.1003213

Cameron-Faulkner, T., Melville, J., & Gattis, M. (2018). Responding to nature: Natural environments improve parent-child communication. Journal of Environmental Psychology, 59, 9–15. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2018.08.008

Diana, D. R., & Agustiani, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 10–18. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.23

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., Aji, S., Nirmala, E., & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11846

Purwaningsih, M. (2020). Pengelolaan Lingkungan Bermain Anak Berbasis Green School Untuk Kemampuan Saintifik Anak (Penelitian Di Tk Lebah Putih Salatiga). Universitas Negeri Semarang.

Puspita, B., Wulandari, R., & Fahmi. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Green School Untuk Kemampuan Saintifik Anak Pada Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(2), 195–201. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/697

van Velzen, C., & Helbich, M. (2023). Green school outdoor environments, greater equity? Assessing environmental justice in green spaces around Dutch primary schools. Landscape and Urban Planning, 232(104687), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.landurbplan.2023.104687

Yuniastuti, E., & Hasibuan, H. S. (2019). Child-friendly green open space to enhance the education process for children. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(012161), 1–10. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012161




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.12461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats