Pemanfaatan Lingkungan Belajar Berbasis Lingkungan Sekitar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa di PAUD

Ria Andriyani, Irma Yuliantina

Abstract


Peningkatan kemampuan bahasa pada anak usia dini seringkali di stimulasi dengan cara drilling belum menggunakan lingkungan belajar berbasis lingkungan sekitar. Kemampulan berbicara dan memahami bahasa oleh anak diperoleh melaluli stimulluls yang ada disekitar. Kemampuan bahasa anak meliputi bahasa reseptif, ekspresif dan keaksaraan, kemampuan ini membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada anak. Penelitian yang akan dilakukan saat ini bertujuan ulntulk menganalisis pemanfaatan lingkulngan belajar berbasis lingkulngan sekitar dalam ulpaya meningkatkan kemampulan bahasa di PAULD. Penelitian ini masulk kedalam jenis penelitian kulalitatif lapangan, dimana pengulmpullan data dilakulkan di lapangan dengan lokasi. Hasil penelitian menunjukkan tingginya pemanfaatan lingkungan belajar berbasis lingkungan sekitar dengan rata-rata 94,75 % sejalan dengan tingginya kemampuan bahasa dengan rata-rata 94%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan bahasa dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memanfaatkan lingkungan belajar berbasis lingkungan sekitar.


Keywords


Lingkungan Belajar; Anak; Lingkungan Sekitar; Kemampuan Bahasa.

References


Agustini, Masudah, & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal Jurnal PAUD Teratai, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1278.

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata Di Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362

Borre, Bernhard, Bleiker, & Winsler. (2019). Preschool Literacy Intervention for Low-Income , Ethnically Diverse Children : Effects of the Early Authors Program Through Kindergarten Preschool Literacy Intervention for Low-Income. Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 24(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10824669.2019.1594818.

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Darnis. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Perkembangan Bahasa pada Balita di Taman Penitipan Anak Twin Course Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 647-650. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1001/898

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468.

Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.Kotijah, S., Yanti, S., Khudori, M., & PIAUD IAI Al-Azhaar Lubuklinggau, P. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Buku Cerita Bergambar Di Paud Riadini Trikarya Purwodadi. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 70–87.

Kurnia, R. (2019). Bahasa anak usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kurniawan, A., Ningrum, A. ., Hasanah, U., Dewi, N. ., Muhammadiah, M., N.K, P., Putri, H., Uce, L., & Machmudah. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). PT. Global eksekutif teknologi.

Mandasari, N. D., Gading, I. K., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Mengukur Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Instrumen Penilaian. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 63. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.36223

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030.

Maqdalena, & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Meilinda. (2020). Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei Di Desa Adat Serangan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25654.

Muhammad Habibu Rahman. (2014). Teknik Asesmen Observasi dan Percakapan sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Bahasa Anak. In – 7 (2).

Muryanti, S., Ikip, M. P., Semarang, V., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Pendidikan, P., Usia, A., No, U. U., & Kanak-kanak, G. T. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Abstrak. Jurnal Ilmiah PG- PAUD IKIP Veteran Semarang.

Nandy. (2021). Tahap Perkembangan Bahasa Anak.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.12572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats