Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Anak Usia Dini dari Perspektif Orang Tua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan anak usia dini dari perspektif orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memudahkan peneliti memahami apa yang terjadi dan merencanakan kerja selanjutnya. Responden dalam penelitian ini sebanyak 104 responden yang berdomisili di daerah Tangerang, Depok, Jakarta, Bekasi. Dalam penelitian ini 93,3% orang tua memberikan izin kepada anak mereka menggunakan gawai. Menurut orang tua, penggunaan gawai memberikan dampak positif kepada anak untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain, mengenal huruf, peka terhadap ritme gerak motorik, keseimbangan gerak motorik. Dampak positif yang paling menonjol adalah anak lebih kreatif yaitu 74,6 %, serta meningkatnya kemampuan berbahasa dan mengenal huruf. Meskipun memberikan izin, namun sebanyak 92,3% orang tua merasa kuatir dengan konten yang diakses oleh anak-anak mereka. Orang tua cenderung berpendapat bahwa penggunaan gawai berdampak positif bagi anak-anak mereka. Bahkan, berdasarkan kuesioner, orang tua juga memberikan tawaran atau solusi dan juga masukan bagaimana penggunaan gawai pada anak usia dini agar memiliki dampak lebih positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65.
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kelima. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (1995). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional anak usia dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4728-4735.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Interpretif Dan Konstruktif. (Y. Suryandari, Ed.). Bandung: ALFABETA.
Subakti, Mohamad Faisal https://digitalbisa.id/artikel/digital-parenting-cara-cerdas-mendidik-anak-di-era-digital-G6H6a, 04 Agustus 2022 14.00 WIB
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di Paud Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29-34.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.