Pengaruh Flashcard terhadap Perkembangan Berbahasa Ekspresif Anak Usia Dini Berdasarkan Penelitian Tahun 2019-2024

Della Srioktavia Nurilmy, Aini Loita, Dwi Alia

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena kurangnya perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini. Rendahnya kemampuan berbahasa ekspresif anak dapat dipengaruhi oleh kurangnya stimulasi terhadap perkembangan bahasanya, sehingga sedikitnya bahasa yang didengar oleh anak yang menyebabkan terhambatnya perkembangan bahasa anak. Salah satu kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan bahasa adalah dengan menggunakan media flashcard. Media flashcard dirancang untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak melalui gambar atau tulisan yang terdapat pada kartu yang dapat menambah jumlah kosakata anak, dan menjadi stimulasi terhadap perkembangan bahasa ekspresifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media flashcard terhadap perkembangan berbahasa ekspresif anak usia dini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2019-2024. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur, mencari, menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari rentang tahun 2019-2024 menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flashcard terhadap perkembangan berbahasa ekspresif anak usia dini.

Keywords


Media Flashcard; Bahasa Ekspresif; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812–1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028

Dela, S. (2021). Inovasi Flashcard Berbasis Teknologi AR Sebagai Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ana’Bulaya.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fajriani, D. A., Adjie, N., & Putri, S. U. (2022). Media Flashcard Untuk Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 56–68.

Fitria, N., Amelia, Z., & Nurfadilah, N. (2022). Pengaruh Flashcard Path To Literacy terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4039–4048. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2236

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Hastari, R. S. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Lisan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Terata. 11(2), 55-59.

Ikhlas, A. (2023). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard (CBA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 2941–2946.

Lindawati, N. W., Permata, Y., Widiantana, I. K., Monik Rismadewi, N. W., & Gara, I. W. (2023). Improving Language Ability Through The Method Of Playing With Letters Flashcards Media. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.37329/metta.v3i1.1804

Marbun, S., & Nurhayatun, S. (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 54. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45327

Marita, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Media Flashcard di Denali Development Centre. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2745–2751.

Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76

Masitoh. (2019). Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 282.

Ningrum, M. A., Hamidah, M., Dwi, L., & Niya, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard pada Anak Kelompok B. Journal of Education Research, 4(4), 1773–1784.

Okfia, W., & Jaya, I. (2021). Konstruktivis Teori dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Flashcard di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 163–171.

Oktaviana, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Bahasa Pada Anak Paud Sejahtera Melalui Media Flashcard Di Kecamatan Pemulutan. JPKI2: Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2, 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.311

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587

Pratiwi, L., & Wahyuni, A. S. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9363, 10.

Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598

Puspitasari, N., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8545–8559. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3789

Rosalita, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Flashcard Pada Anak Usia Dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 2861–2868.

Sari, A. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Penggunaan Media Flashcard. Kumaracitta : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 01(02), 63–68.

Selli Eka Wardani, & Eska Dwi Prajayanti. (2022). Pengaruh Stimulasi Bahasa Melalui Metode Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak 4-6 Tahun di Ra Nurrohman Pacitan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 497–504. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.870

Sudarsana, I. K., Suhardiana, P., Oktarina, P., & Dantha, N. K. (2020). Flashcard As A Learning Media For Early Childhood. https://doi.org/10.4108/eai.20-6-2020.2300615

Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. (n.d.).

Wulandari, O., Firdiyanti, R., Laily, R., Psikologi, F., Raya Tlogomas No, J., & Timur, J. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Media Buku Bergambar (Big Book) The Efforts to improve Children’s Expressive Language Ability through Picture Book Media (Big Book). Jurnal Perempuan Dan Anak (JPA), 5(1), 30–43.

Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4700




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats