Analisis Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Implementasinya

Kamila Mahabatillah, Erhamwilda Erhamwilda, Mubiar Agustin

Abstract


Kurikulum Indonesia berkali-kali mengalami perubahan, transisi perubahan kurikulum 2013 (K-13) ke kurikulum merdeka selain perubahan kurikuler, transfomasi paradigmatic pendidikan nasional juga mengalami perubahan. TK (X) dan (Y) sudah menerapkan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengembangan dan implementasi kurikulum merdeka Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua taman kanak-kanak X dan Y. Adapun Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan TK X dan Y sudah menerapkan pengembangan kurikulum merdeka berdasarkan pada pedoman pengembangan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan). Walaupun dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan bermain ditemukan TK X sebagian besar kegiatan masih berpusat kepada guru. Projek profil pelajar pancasila TK (X) berlandaskan pada kebutuhan dan realitas lingkungan sekolah "Penanaman rimpang," TK (Y) landasan untuk mengenali nilai-nilai kebangsaan melalui “Perayaan HUT RI ke 78”.


Full Text:

PDF

References


Arif Khoirudin, M. (2013). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Menajemen Kurikulum, 24(1), 56–77.

Arsita, D., Lestari, I., Istiqomah, Khalid Pay Hasibuan, M., Najah, N., Aini, N., & Nasution, I. (2023). Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 84–90.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum (Sarwandi, Ed.; 1st Ed.). Mifandi Merdeka Digital.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61–71.

Dr. Masnipal, M. Pd. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional (A. Kholid, Ed.; 1st Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.

Fakhrurrazi, O. : (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Xi(1).

Hamdi, S., & Triatna, C. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. Sap (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1).

Hana, F. B., Yahiji, K., & Damopolii, M. (2023). Prinsip Manajemen Kurikulum, Pembelajaran Dan Kepesertadidikan (Kajian Kurikulum Merdeka). Journal Of Islamic Education Manajemet Research, 2(2), 70–86.

Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education And Development, 11(3), 333–342. Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V11i3.5048

Jaenudin, U., & Dadang Sahroni. (2021). Psikologi Pendidikan (Creative Team Lagood, Vol. 1). Lagood’s Publishing.

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik Dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–26.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2014). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Z. R. Bahar & R. Aqli, Eds.). Literasi Nusantara.

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. Https://Doi.Org/10.54150/Altahdzib.V2i1.196

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Anak Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.

Kurniawan, A., Reza Ningrum, A., Hasanah, U., Riskiana Dewi, N., Muhammadiah, M., Kurnia Putri, N., Putri, H., Uce, L., & Machmudah. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini (W. Nisrin Ramadhani & S. Syafni Aulia, Eds.; 1st Ed.). Global Eksekutif Teknolog.

Makarim, N. (2022, February 11). Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Mengajar. Kemendikbud Ri.

Manora, H., Khasanah, N. L., & Akip, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bouseik, 1(1), 1–15. Https://Jurnal.Staibsllg.Ac.Id/Index.Php/Bouseik/Index

Prabaningrum, W. F., & Sayekti, I. C. (2023). Implementası Kurıkulum Merdeka Di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 374–383. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i2.5326

Prasetia, I., Irawan, E., Manajemen, M., & Tinggi, P. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Manakemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 1(1), 18–25. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Jmp-Dmt

Purnawanti, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2014). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak (S. Nurlaela, Ed.; 4th Ed.). Kencana.

Rambug, O. S., Sion, Bungamawelona, Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip), 1(3), 598–621.

Rusandi, & Rusli, M. (2020). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 2–13. Http://Repository.Uin-

Sidik, F. (2020). Actualization Of The Jean Piaget Cognitive Development Theory In Learning. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(6). Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V4i6.8055

Sinaga, B. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Di Highscope Bekasi. Seroja, 2(5). Http://Jurnal.Anfa.Co.Id/Index.Php/Seroja

Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education For Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? Pusaka: Journal Of Educational Review, 1(1), 34–48. Https://Doi.Org/10.56773/Pjer.V1i1.11

Yaakub, M. Y. Bin, & Hamzah, M. I. Bin M. (2020). Kepimpinan Distributif Pemimpin Sekolah: Isu Dan Cabaran. Pengurusan Dan Kepimpinan Pendidikan, 33(1), 10–20.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikanthe Implementation Of Educational Policies. At-Tadbir, 30(2), 129–153.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats