Peningkatan Kemampuan Seni Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kerajinan Menganyam di PAUD Khairin Kids

Annisa Vani Ramadhani, Ahmad Syukri Sitorus

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan seni anak usia dini di Paud Khairin Kids. Tujuannya untuk mengetahui apakah dengan menerapkan kerajinan menganyam dapat meningkatkan kemampuan seni anak usia dini di Paud Khairin Kids. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah tiga belas orang. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan seni siswa kelompok B dapat ditingkatkan dengan menerapkan menganyam. Pada prasiklus mendapatkan persentase 31,76%, pada siklus 1 sebanyak 61,38% dan pada siklus 2 menjadi 80,84% yang ditunjukkan dengan anak mampu mengembangkan ide, mampu meniru bentuk menganyam, anak tertib dalam mengerjakan menganyam, teliti dalam mengerjakan menganyam, mampu menyelesaikan menganyam hingga selesai sesuai dengan jamnya, dan tidak malu bertanya pada guru jika memiliki kendala. Dengan demikian persentase yang didapatkan sudah mencapai ketuntasan karena sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%.

 

Kata Kunci: kemampuan seni, mengayam, anak usia dini


Keywords


Kemampuan Seni; Mengayam; Anak Usia Dini

References


Alhayu, R., & Jumiatin, D. (2022). Implementasi Kegiatan Mengayam Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Masa Pembelajaran Daring. CERIA : Cerdas Ernergik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2), 182–188. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10272

Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak. In Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4

Atikah, N. D., Salsa, O., & Yarni Linda. (2024). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2, 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jipa.v2i1.497

Citrowati, E., & Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1207–1211. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.343

Damayanti, E., Amaliah, R. A., & Ismawati. (2020). Capaian dan Stimulus Aspek Perkembangan Seni Pada Anak Kembar Usia 5 Tahun. NANAEKE :Indonesia Journal of Early Childhood Education, 3, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176

Hasbi, M., & Paramita, D. (2020). Bermain Seni Kriya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasnawati, B. M. (2017). Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Kegiatan Menganyam Kain Perca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Muda Kersik Kec.Mararangkayu Kab. Kutai Kartanegara. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 02(02), 38–52.

Hidayah Binsa, U., Solikhatin, M., & Nurjannah, A. (2022). Kolase Kapas : Skill Membangun Kemampuan Seni Bagi Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4874

Mulianah, K. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada Paud. Early Chilhood Research Journal, 5(1), 20–30. https://doi.org/http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj

Pamungkas, J. (2015). Estetika Koreografi Sebagai Penunjang Kreatifitas Seni Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12348

Pertamawati Ida, K. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok B. PAUD Teratai, 3(3).

Prasetyo, A. H. (2021). Penelitian Tindakan kelas (Untuk Guru Inspiratif). Penerbit Adab.

Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 2–10.

Putriani Nyoman, N. G. A., Arini, N. M., & Wiguna Arta, I. B. A. (2022). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Mengayam Dengan Media Origami. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 2). http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW

Ratnawati M, F. M. F. (2023). Peningkatan Kreatifitas Melalui Kegiatan Mengayam dengan Kertas Origami pada Anaak Usia Dini di Kabupaten Maros. In Fatima M (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.706

Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247

Selviera Yasmin, N., & Mayar, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Seni pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7691–7696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.2619

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521

Sitorus, A. S. (2016). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini: Vol. IV (Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.65

Solichah Badiatus, M. T. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 857–867.

Suharsimi Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Sulistiani, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Desa Kedungweru Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Prosiding Kampelmas (Kampus Peduli Masyarakat), 1(1), 47–56.

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam Di Paud Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.2387

Talango, R. S. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 93–107. https://doi.org/https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/view/27

Wulansari, T. Y., & Khotimatul, N. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mengayam Pita Di kelompok A.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats