Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Hikmah Kota Jambi

Lisa Natalia Manik, Tumewa Pangaribuan, Sri Indriani Harianja

Abstract


Penelitian ini didasari oleh pengamatan bahwa kemampuan motorik anak masih berkembang dan belum berkembang dengan cukup baik. Hal ini karena kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak sehingga anak memliki kesulitan menggunakan alat tulis seperti pensil, membuka tutup botol, penggunaan gunting yang belum tepat serta belum tepat dalam mengkoordinasikan mata dan tangan seperti memegang sendok dan mengancing baju. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana peningkatan keterampilan motorik halus dengan menganyam menggunakan kain flannel. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas dengan tiga siklus. Setiap sesi pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data antara lain dokumentasi dan observasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak meningkat melalui kegiatan menganyam. Hasil ini lebih dari 76% berada pada kategori berkembang sangat baik.

Keywords


Lisa Natalia Manik; Tumewa Pangaribuan; Sri Indriani Harianja.

References


Abyadh, A., Melati, P., & Suzanti, L. (2022). 36) Pengembangan Aspek Motorik Halus Anak Pada Usia 5-6 Tahun Dengan Kegiatan Menganyam. Al Abyadh, 5(1), 30.

Aprita, D., O., Indriyani & Rosyadi, A., F., (2023) “Pengaruh Metode Pembelajaran Karya Wisata Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Hasanah Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman”. Jurnal On Education 6(1). 7747-7757

Arikanto, S., Suhardjono, & Supardi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Pt Bumi Aksara

Hasni., U, & Nabila., N,. (2021).“Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga”. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini1(2). 59-72

Nasir, H. Yopi. (2013). Jagat Kerajinan Tangan. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Ningsih, Utami. (2017).” Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Berbagai Media Pada Kelompok A2”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 07 No.6

Permendikbud No 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Dinas Pendidikan

Purnamasari, H. (2021).”Meningkatkan Keterampilan Menganyam Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 01. No.1

Rahmawati, R. & Suryana.D. (2021).Pengaruh Menganyam Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang.

Simaremare, T. P., Harianja, S. I., Zahra, F. M., Septiardilla, F., Rohimin, M., & Sofyan, W. N. (2024). Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1-16.

Siregar, M., Pangaribuan, T., & Ismiatun, A. N. (2023) “Analisis Kebutuhan Pengembagan Buku Panduan Stimulasi Motorik Halus Berbasis Pratical Life Skill”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7109-7115

Sofyan, Hendra, 2018. Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : CV. Infomedika

Wulan Sri, Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini, Depok: Arya Duta, 2018.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats