Implementasi Media Menabung Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun

Fatimah Fatimah, Rachma Hasibuan, Wahyu Sukartiningsih

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengembangan strategi menabung kata dalam meningkatkan kemampuan kosa kata di kelompok anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas implementasi media "Menabung Kata" dalam meningkatkan kemampuan kosa kata pada anak usia 5-6 tahun menggunakan metode Research and Development (R&D). Anak-anak diberikan media menabung kata sebagai alat untuk menabung kata-kata baru dan berbagi dengan teman sekelas. Evaluasi dilakukan melalui pengukuran kemampuan kosa kata sebelum dan setelah implementasi yang melibatkan observasi interaksi anak. Sampel penelitian terdiri dari 30 anak di kelompok eksperimen yang menggunakan media menabung kata dan 30 anak di kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kosa kata anak setelah penerapan strategi. Analisis kuantitatif diperoleh melalui hasil pre – post test dan observasi pada partisipan. Selain itu, anak-anak yang terlibat dalam penggunaan media Menabung Kata menunjukkan minat dan antusiasme yang lebih tinggi selama proses pembelajaran.

Keywords


Strategi Menabung Kata, Kosa Kata

Full Text:

PDF

References


Amalia, D. P., Yetti, E., & Sumadi, T. (2022). Motions and Songs to Improve Basic Literacy through Animation Videos. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(2), 224–239. https://doi.org/10.21009/jpud.162.03

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21

Choiriyah. (2021). Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies Science Literacy in Early Childhood: Development of Learning Programs in the Classroom. Universitas Negeri Jakarta, 10(2).

Dinicahyani, N., Sukarno, & Afdal Jamil, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. Jurnal DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.16

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Fitriani, S. S. A., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.8973

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3). https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Hofifah, D. A., Aisyah, D. S., & Riana, N. (2022). Peningkatan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Gambar Variasi. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 5(1).

Iwaniec, J., & Curdt-Christiansen, X. L. (2020). Parents as agents: Engaging children in environmental literacy in China. Sustainability (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/su12166605

Kim, K. T. (2019). The Structural Relationship among Digital Literacy, Learning Strategies, and Core Competencies among South Korean College Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 19(2), 3–21. https://doi.org/https://doi.org/10.12738/estp.2019.2.001

Mainofriwita, & Hadiyanto. (2021). The Effect of Media Literacy and Cognitive Ability on Recognition Laptop-Based Media for Children. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2). https://doi.org/10.21009/jpud.152.09

Morrow, L. M. (2018). Literacy Development in the Early Years: In Handbook of Instructional Practices for Literacy Teacher-Educators. https://doi.org/10.4324/9781410605214-18

Paul, R. and Elder, L. (2010). Critical Thinking: Fostering Critical Thinking. The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools. Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children New York. In International Universities Press.

Putri, F. R., Maylani, I., Mafazi, N., & Huda, W. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Berbagai Media Pembelajaran Improving Early Childhood Literacy Through Various Learning. Journal Of Psychology and Child Development, 2(1).

Radeva, S. (2020). STEM Education Should Support and Encourage 21st Century Skills of Children and Sustainability and United National Goals. In Key Points For Early Childhood Stem Education And Involving Parents.

Robinson, S. P. A., & Knight, V. (2019). Handbook of Research on Critical Thinking and Teacher Education Pedagogy. Advances in Higher Education and Professional Development (AHEPD) Book Series. In IGI Global.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.).

Sukartiningsih, P. W., & Pd, M. (2021). Validitas Media Game GUPI (Guess The Picture) Berbasis Android Untuk Melatih Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8.

Vygotsky, L. S. (1978). Zone of proximal development: a new approach. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i1.13789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats