Analysis of Social Emotional Development in Infants Based on Psychological Studies

Muhammad Alfiyansyah, Indah Hari Utami

Abstract


The baby's socio-emotional development should be one of the main focuses of parents, because if social-emotional development does not go well it will influence and inhibit other developments such as psychomotor development, affective and other infant development. The baby's socio-emotional development can certainly be seen from a variety of factors and signs such as smiling babies, angry babies, crying are all signs that the child is experiencing social-emotional development. This study uses a library research approach or library research where this research study seeks to examine various books, relevant journals and also news related to the focus of research in this paper. And it can be concluded that the social-emotional development of the baby must be developed in accordance with the development of his age so that it is useful when the baby is growing up can control emotions well and also has a good tolerance and good social.

 

Abstrak

Perkembangan Sosial-emosional bayi hendaknya menjadi salah satu fokus utama orang tua, sebab apabila perkembangan sosial-emosional tidak berjalan dengan baik maka akan berpengaruh dan menghambat terhadap perkembangan lainnya seperti perkembangan psikomotorik, afektif dan perkembangan bayi lainnya. Perkembangan sosial-emosional bayi tentu dapat dilihat dari berbagai macam faktor dan tanda-tanda seperti bayi tersenyum, bayi marah, menangis itu semua merupakan tanda bahwasannya anak sedang mengalami perkembangan sosial-emosional. Kajian ini menggunakan pendekatan library research atau penelitian pustaka dimana kajian penilitian ini berusaha mengkaji dari berbagai buku yang terkit, jurnal-jurnal yang relevan dan juga berita-berita yang berkaitan dengan fokus penelitian dalam tulisan ini. Dan dapat disimpulkan bahwasannya perkembangan sosial-emosional bayi harus di kembangkan sesuai dengan perkembangan usianya agar hal tersebut bermanfaat ketika bayi beranjak dewasa dapat mengontrol emosi dengan baik dan juga memiliki tenggang rasa dan sosial yang baik.



Keywords


Developmental; Social-Emotional Babies; Psychology.

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2013. Psikologi perkembangan. Jakarta, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Mansur. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martani, Wisjnu. t.t. “Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini” 39: 112--120.

Masganti, Sit. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Edisi pertama. Medan: Perdana Publishing.

Mayar, Farida. 2013. “PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI SEBAGAI BIBIT UNTUK MASA DEPAN BANGSA.” AL-Ta lim 20 (3): 459. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43.

Monks, F.J, A.M.P Knoers, dan Siti Rahayu Haditono. 1992. Psikologi Perkembangan (Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Noor, Muhammad. 2019. Psikologi Perkembangan PAUD. Tangerang: Loka Aksara.

Nurmalitasari, Femmi. 2015. “Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah.” Buletin Psikologi 23 (2): 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567.

Pappalia, Diane, Sally Wendkos Old, dan Ruth Duskin Feldmar. 2008. Human Development (Pikologi Perkembangan). 2008. Rawamangun- Jakarta: Pranada Media Group.

Rahman, Ulfiani. 2009. “KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 12 (1): 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.

Rohayati, Titing. 2013. “PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI,” 7.

Sa’diyah, Kholifatus. 2019. “ANALISIS ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN BAYI DAN URGENSI PERAN ORANG TUA TERHADAP MASALAH-MASALAH BAYI,” 14.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Edisi ke 11. Jilid 2. Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Suyud, Rahmat, dan Dudung Hamdun. 2008. Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Zulkifli. 2003. Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i2.5993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats