Relevansi Dongeng Dengan Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Wardina Soraya Athiroh, Rafiq Ahmad

Abstract


The purpose of this study is to find the relevance of fairy tales by shaping the character of early childhood. In this study, the authors use library research, namely research texts / research manuscripts on language and literature material and research on a corpus whose sources are library materials. To answer this problem, the researcher collects data by compiling or clarifying, and analyzing it, the data collection technique conducts a review study of books, literature, notes and reports that have to do with the problem being solved. The results of the study concluded that fairy tales are a very good method to shape the character of early childhood because children's fairy tales understand more quickly what moral message and character they want to convey through the fairy tale. Therefore, forming a character needs to be formed and nurtured from an early age.

Keywords: The Relevance of Fairy Tales; Shapes Character.

 

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan relavansi dongeng dengan membentuk karakter anak usia dini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan library tesearch yaitu penelitian teks/naskah penelitian materi bahasa dan sastra dan penelitian – penelitian suatu korpus yang sumbernya dari bahan – bahan pustaka. Untuk menjawab masalah ini peneliti mengumpulkan data dengn menyusun atau mengklarifikasi, dan menganalisanya, teknik pengumpulan data mengadakan studi penelaan terhadap buku – buku, literature – literature, catatan – catatan dan laporan – laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang di pecahkan. Hasil penelitian menyimpilkan bahwa dongeng merupakan metode yang sangat bagus untuk membentuk karakter anak usia dini kaenan dengan dongeng anak lebih cepat memahami pesan moral dan karakter apa yang igin disampaikan melalui dongeng tersebut. Oleh karena itu membentuk karaketer perlu dibentuk dan di bina sejak usia dini.

Kata Kunci: Relevansi Dongeng; Membentuk Karakter.


Full Text:

PDF

References


Puput, Widya Lestari (2021) Metode Dongeng Sebagai Media Pembentuk Karakter Pada Anak Usia Dini http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10030/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka_watermarked.pdf

Mansur, Anak usiadini 0 -8 tahun (2005 hlm 88)

Yuliani Nurani Sujiono Konsep dasar pendidikan anak usia dini, (Jakarta:PT Indeks,2004) hal 6

http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/2A_BUKU_KONSEP_DASAR_PAUD.pdf

Novan Ardy Wiyani konsep dasar PAUD, (Yogyakarta: Gava Media, 2016) hlm 8

https://www.google.com/search?q=novan+ardy+wiyani+konsep+dasar+paud%2C+(yogyakarta%3A+gava+media%2C+2016)+hlm+8&oq=&aqs=chrome.0.69i59i450l5.6303211j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#

Suyadi. Teori pembelajaran anak usia dini (Bandung, PT Remaja Rodaskarya) hlm22

Windi B. nungtjik, Mendongeng untuk anak usia dini (Tanggerang Selatan: Aksara pustaka andukasi, 2016) hlm 37

Source :https://id.m.wikipedia.org/wiki/karakter

W. B. Saunders, Pengertian Karakter

Ahmad Susanto, Pendidikan anak usia dini, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2017) hlm 1

Ahmad Susanto, Perkembangan anak usia dini (Jakarta : Kencana preneda media grup 2012) hal 2

Amirullah Syarbini, model pendidikan karakter dalam keluarga, (Jakarta : PT Gramedia,2013) hlm 39

Muchals Samani dan Hariyanto. Konsep dan model pendidikan karakter, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya,2011) hlm 148

Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan anak tiga tahun pertama, (Jakarta : Anak tiga tahun pertama PT Refika Aditama, 2011) hlm 274




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats