Poster untuk Perawatan Masa Nifas di Era New Normal Sebagai Media Edukasi Kepada Ibu Nifas
Abstract
Abstrak
Masa nifas adalah masa kritis baik pada ibu maupun bayi sehingga perawatan masa nifas sangat penting dilakukan. Kunjungan masa nifas pada masa pandemi belum memenuhi target nasional. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada kualitas kesehatan ibu nifas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yaitu pemberian edukasi dengan metode dan media yang menarik. Poster merupakan media visual yang memuat gambar dan kalimat efektif yang menarik perhatian, menonjolkan kekuatan pesan, visual dan warna, serta dapat dibuat dengan ukuran besar, dapat ditempel di mana-mana sehingga pembaca dapat mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan media poster tentang perawatan masa nifas. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode pengembangan produk (R&D). Pada penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan ditambah dengan analisis serta pelaporan hasil. Sumber data validasi media poster, yaitu ahli materi, ahli media, dan tim Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan. Sumber data untuk uji coba skala kecil dan skala besar, yaitu ibu nifas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk ahli media, ahli materi, dan Dinas Kesehatan. Aspek kelayakan media dengan kuesioner uji skala kecil pada 6 orang ibu nifas dan uji skala besar pada 30 orang ibu nifas. Hasil validasi ahli materi 98,57%; validasi ahli media 82,67%; dan Dinas Kesehatan sebesar 92,5%. Hasil respons ibu nifas 87,08% untuk uji coba skala kecil dan 83,38% untuk skala besar. Simpulan, pengembangan produk poster tentang perawatan masa nifas sangat layak digunakan dalam promosi kesehatan.
Kata kunci: Perawatan nifas, poster
Posters to Care the Puerperium in the New Normal as a Media Education Mother Parturition
Abstract
Postpartum is a critical period for mother and baby, so postpartum care is very important. Postpartum visits during the pandemic have not yet met the national target. This indirectly affects the health quality of postpartum. One effort that can be done is to provide education with interesting methods and media. Posters are visual media with pictures and effective sentences that attract attention and highlight the power of messages, visuals, and colors. It can be made in large sizes and pasted anywhere so that readers can learn and recall what they have learned. This study aims to determine the stages of development and the feasibility of developing poster products about postpartum care in the new normal. This research is development research. This research has seven (seven) stages: potential and problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, analysis, and reporting of results. Data validation media sources were the content expert, the media expert, and the health promotion team of the health office. Data sources for small-scale and large-scale trials are postpartum mothers. At the same time, the validation experts for the questionnaire were material and media experts and staff from the Department of Health. The feasibility of the media aspect was tested with a small-scale test on six postpartum mothers and a large-scale test on 30 postpartum mothers. The results of the content expert validation were 98.57%, the media expert validation was 82.67%, and the health office validation was 92.5%. Postpartum mother responses were 87.08% in small-group trials and 83.38% in large-group trials. It can be concluded that poster products about postpartum care in the new normal are suitable for health promotion.
Keywords: Post partum care, poster
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti S, Judistiani, Tina D, Rahmiati, Susanti. Ari I. Asuhan kebidanan nifas & menyusui. Jakarta: Erlangga; 2015.
Rini S, Kumala F. Panduan asuhan nifas dan evidence based practice. Deepublish. 2016.
Herlina S. Hubungan karakteristik dengan tingkat pengetahuan ibu postpartum tentang perawatan masa nifas di Ruang Camar I Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekan Baru tahun 2009. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2011.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018. Jakarta: Kemenkes RI; 2019.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2019. Jakarta : Kemenkes RI; 2020.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020. Jakarta : Kemenkes RI; 2021.
Dinkes Jabar. 2018. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat; 2018.
Pertiwi M. Gambaran pengetahuan primigravida tentang perawatan bayi baru lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur tahun 2015. Skripsi. Jakarta: Program Studi Ilmu Keperawatana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah; 2015.
Fikawati, Sandra. Gizi ibu dan bayi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada; 2015.
Dian L, Eti S. 2019. Efektifitas media promosi kesehatan ASI perah terhadap peningkatan pengetahuan ibu bekerja untuk memberikan ASI eksklusif. E-journal POLTEKTEGAL. Tersedia dari: https://ejournal/poltektegal.ac.id/index. php/siklus/article/view/1053.
Heri, Suwarni L, Selviana M. 2019. Media booklet sebagai media promosi kesehatan peningkatan pengetahuan dan self efficacy orangtua memberikan pendidikan seksual remaja. Tersedia dari: https://ppjp.ulm. ac. id/journal/index.php/JPKMI/ article/ view/8178/6064.
Laksana D, Bagas A. Efektifitas media poster dalam meningkatkan pengetahuan sanitasi dasar di SDN 01 Wonosobo Undaan Kudus. Jurusan Kesehatan Masyarakat. 2020;6(1):83–91.
Putu F, Ketut AI, Nyoman I. Efektifitas penggunaan media cetak dan media elektronik dalam promosi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap siswa SD. Jurusan Kesehatan Lingkungan. 2014;4(1):29–39.
Jumilah J, Jauhari A, Ridha A. Efektifitas media poster terhadap peningkatan pengetahuan tentang kesehatan gigi (studi pada siswa siswi kelas V SD Negeri Kelurahan Saigon) Jumantik. 2017;23(1):1–11.
Suiraoka, Supariasa. Media pendidikan kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.
Musfiqon. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya; 2012.
Sukiman. Pengembangan media pembelajaran. Jogjakarta: PT Pustaka Insan Madani Anggara; 2012.
Sumartono, Astuti H. Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. J Komunikol. 2018;15(2):8–14.
Sugiyono. Metode pengembangan dan pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta; 2016.
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.
Tegeh I Made, dkk. Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2014.
Riduwan. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta; 2012.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2011.
Wulandari R. Poster sebagai media pendidikan karakter. Seminar Nasional Pendidikan. 2017:377 –8.
Danny, Tritjahjo Soesilo. Ragam dan prosedur penelitian tindakan. Salatiga: Satya Wacana University Press; 2019.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2015.
DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v5i1.10810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.